Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD

Arfiana Wahyu Kartika, Nyoto Harjono

Abstract


This study aims to prove whether or not there are significant differences between of the models of Problem Based Learning (PBL) and Discovery Learning (DL) in terms of increasing the mathematical problem solving abilities of elementary school students. This study is included in meta-analysis research. Based on the data analysis results, the models of PBL increased an average of 19,56% greater than DL of 19,01%. Ancova test results show that there is a significant difference between PBL and DL in terms of mathematical problem solving abilities.

 

Penelitian ini bertujuan membuktikan ada tidaknya perbedaan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) ditinjau dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Penelitian ini termasuk dalam penelitian meta analisis. Berdasarkan hasil analisis data, model pembelajaran PBL mengalami peningkatan rata-rata sebesar 19,56% lebih besar dari model pembelajaran DL sebesar 19,01%. Hasil uji Ancova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara PBL dan DL ditinjau dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika.


Keywords


problem based learning, discovery learning, problem solving skill, mathematic, problem based learning, discovery learning, pemecahan masalah, matematika

Full Text:

PDF

References


Agustian, H. (2018). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Tema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. FKIP UNPAS, 14–47.

Fitra Surya, Y. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Ssiswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Indarwati, D., Wahyudi, & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17–27.

Lestari, L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sejarah. Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal, 2(2), 1–14.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampun Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–19.

Putri, U. A., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 8(1), 69–78. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6088

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Rajagrafindo Persada.

Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di SDN 05 Kota Mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63–70.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165–174.

Susilowati, R. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 8(1), 49–59. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6084

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Satya Wacana Press.

Zulyadaini. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 153–158.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v28i22020p042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arfiana Wahyu Kartika, Nyoto Harjono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats