Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Melalui Model Experiental Learning
Abstract
This study aims to improve the learning outcomes of the cubic and block volume shapes through experiential learning models. This type of research is a classroom action research consisting of two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. The results showed that teacher activity increased from cycle I, namely 82% to 94.5%. Student activity has increased from 80% to 91%. The learning outcomes of the knowledge aspect in cycle I to cycle II have increased with classical learning completeness from 82% to 100%. It can be concluded that the experiential learning model can improve student learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar volume bangun ruang kubus dan balok melalui model experiental learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari siklus I yaitu 82% menjadi 94.5%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 80% menjadi 91%. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal dari 82% menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa model experiental learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, and Supardi Suhardjono. (2014). “Penelitian Tindakan Kelas.(Cetakan Kedua Belas).” Jakarta: Bumi Aksara.
Fathurrohman, M. (2015). “Model-Model Pembelajaran Inovatif (Pertama; N. Hidayah, Ed.).” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Irawati, Rita. (2015). “Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Seyegan Pundong Bantul.” E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan 5(1).
Jatmiko, Danang. (2015). “Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Benda dan Sifatnya dengan Model Experiential Learning pada Siswa Kelas III B di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015.” PhD Thesis, IAIN Salatiga.
Lestari, Yanu Indah. (2017). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika KPK Dan FPB Melalui Model Experriental Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Gandusari Kabupaten Trenggalek.” SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Munif, I. R. S. (2009). “Penerapan Metode Experiential Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5(2).
Paramita, Putu Yulia, I. Gusti Putu Suharta, and I. Nyoman Gita. (2019). “Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 10(2):19–25.
Perdana, Kistin Restu, M. Zainuddin, and Yuniawatika Yuniawatika. (2018). “Pembelajaran Matematika Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Wahana Sekolah Dasar 26(2):43–50.
Retnowati, Dwi, and Murtiyasa Budi. (2013). “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger.”
Sholihah, Dyahsih Alin, and Ali Mahmudi. (2015). “Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2):175–185.
Sholihah, Dyahsih Alin, Widha Nur Shanti, and Ahmad Anis Abdullah. (2019). “Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(3):383–390.
Sugiyono, S. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D.” Alfabeta Bandung.
Vinayanti, Antik, and Fika Muji Fadhillah. (2019). “Implementation of Experiental Learning Models to Improve Reasoning Ability of Student’s SMP.” (JIML) Journal of Innovative Mathematics Learning 2(1):1–8.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v28i22020p060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Novia Ramadhani Yuwono, Suhel Madyono, Yuniawatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats