Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS di Sekolah Dasar

Zulfa Rahmani Basar, Arifin Maksum, Andi Arif Saladin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka yang bertujuan untuk mengkaji informasi mengenai pembelajaran kooperatif tipe Word Square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Model Miles dan Huberman memiliki empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan sumber data yang telah dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Word Square dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS di Sekolah Dasar.


Keywords


Hasil Belajar; IPS; Pembelajaran Kooperatif; Word Square

Full Text:

PDF

References


Budiarta, I. M. A., Kusmariyatni, N., & Sumantri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18622

Febriana, M., Antosa, Z., & Kurniaman, O. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. 1–14.

Ginting, M. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Word Square Pada SDN 064975 Medan Denai. 15–19.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Herwandannu, B., & Suprayitno. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. JPGSD, 06(12), 2201–2210.

Jauhar, S., & Indarwati, A. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. DIKDAS MATAPPA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN DASAR, 2(1), 114–130.

Juprihadi. (2019). Penerapan Metode Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Penggunaan Uang Peserta Didik Kelas III A SD Negeri Kasreman di Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. 228–236.

Kurino, Y. D., Haryati, Y. D., & Hasanah, U. (n.d.). Model Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. (103), 308–312.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Word Square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 35–40.

Mursini, T., Marli, S., & Uliyanti, E. (2017). Pengaruh Model Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri 36 Pontianak Kota. Juournal Universitas Tanjungpura Pontianak.

Nasty, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Pembelajaran WOrd Square Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 163087 Tebing Tinggi. SEJ (School Education Journal), 10(4), 389–396.

Sari, O., Antosa, Z., & Syahrilfuddin. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IIIB SDN 27 Pekanbaru. 1–12.

Sitohang, R., & Manullang, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square di Kelas IV SDN 101801 Kedai Durian. ESJ (Elementary School Journal), 8(3), 129–139.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutriani, L., Asran, M., & Syamsiati. (2016). Penerapan Model Word Square Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SD. 1–11.

Wahidah, N. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Model Pembelajaran Word Square. Jurnal PTK & Pendidikan, 5(1), 15–22.

Zulhendri, I. J., Noviana, E., & Marhadi, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 47 Air Jamban Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zulfa Rahmani Basar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats