PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TEMA KELUARGAKU UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Dwi Mei Kurniawati, Arifin Maksum, Edwita Edwita

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan metode tersebut. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangkan ADDIE. Menurut Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan berupa buku cerita bergambar berbasis tema keluargaku. Responden dalam penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Dikarenakan adanya pandemi covid-1, uji coba pengguna hanya dapat dilaksanakan pada uji coba one to one yang terdiri dari tiga peserta didik kelas I sekolah dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,  observasi, dan kuisioner. Pada tahap uji ahli materi, buku cerita bergambar memperoleh nilai 92,5% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Pada tahap uji ahli bahasa, buku cerita bergambar termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan nilai 90%. Sedangkan pada tahap uji ahli media, buku cerita bergambar  termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan nilai 83,3%. Dari ketiga uji ahli tersebut, jika diakumulasikan buku cerita bergambar memperoleh rata-rata nilai 88,6% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75% -100%. Sehingga layak digunakan pada pembelajaran dengan muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  dan Bahasa Indonesia Tema 4 “Keluargaku” Subtema 4 “Kebersamaan Dalam Keluarga” Kelas I Sekolah Dasar.

 


Keywords


Research and Development; Buku Cerita Bergambar; keluarga

Full Text:

PDF

References


Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Peserta Didik SD. Jurnal Pendidikan, 1(5), 337.

Bastian, R., Syur’ain, & Ismaniar. (2020). Pengaruh Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Masyarakat Desa Koto Lamo Sumatera Barat. Indonesian Journal Of Adult And Community Education, 2(1), 1.

Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 204.

Hanif. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal UIN Banten, 4(2), 120.

Hermawan, A. (2017). Mengetahui karakteristik Peserta Didik Untuk Memaksimalkan pembelajaran.

Karo-karo, D. (2019). Membangun Karakter Anak Dengan Mensinergikan Pendidikan Informal Dengan Pendidikan Formal. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1–13.

Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/432/1/ARTIKEL Bintari Kartika Sari.pdf

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan karakter Bagi Anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 1.

Suardi. (2016). PENDIDIKAN KELUARGA: Basis Pendidikan Pertama Dan Utama Dalam Membina Ketahanan Moral Anak Usia Dini. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 171–178.

Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Guruan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pemeblajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2), 142.

Wiratri, A. (2018). Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia (Revisiting The Concept Of Family In Indonesia Society). Jurnal Kependudukan Indonesia, 13(1), 15–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v30i12022p28-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Mei Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats