MEDIA IPA BERBASIS ANDROID UNTUK MAHASISWA PGSD

Esti Untari

Abstract


Abstract: This android-based science media was developed to overcome the limitations of digital media used in science learning. The purpose of this research is to develop a valid android-based learning media according to material experts, media and users, namely students. The development method used by the Dick and Carey model includes the preliminary stages, product preparation, validation and evaluation. The results showed that the results of material expert validation were 81%, media expert validation was 88% and user validation was 80%. So it is classified as a very valid category and can be used by students in science learning. Based on this, it can be concluded that this android-based science media is very valid so that it can be used to help students in learning science. We recommend that this android-based media can be developed for other materials.

 

 

Keywords: media, android, IPA

 

Abstrak: Media IPA berbasis android ini dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan media digital yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis android yang valid menurut ahli materi, media dan pengguna yaitu mahasiswa. Metode pengembangan yang digunakan model Dick and Carey meliputi tahapan pendahuluan, penyusunan produk, validasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi ahli materi sebesar 81%, validasi ahli media sebesar 88 % dan validasi oleh pengguna 80%. Sehingga tergolong kategori sangat valid dan dapat digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan media IPA berbasis android ini sangat valid sehingga dapat digunakan untuk membantu mahasiswa dalam belajar IPA. Sebaiknya media berbasis android ini dapat dikembangkan untuk materi yang lainnya.

 

 

Kata kunci: media, android, IPA

 

 


Keywords


media, android, ipa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta.

Chuang, Y.-T. 2014. Increasing Learning Motivation and Student Engagement through the Technology- Supported Learning Environment. Creative Education, 05(23), 1969–1978. https://doi.org/10.4236/ce.2014.523221.

Faridy, D. V., Untari, E., & Mudiono, A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Siklus Hidup Hewan di Kelas IV SD. Wahana Sekolah Dasar, 27(1), 10–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um035v27i12019p010.

Komalasari, K. 2015. Pembelajaran Konstektual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020.

Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. 2019. Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(2), 86–92. https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.7987.

Saputro, T. A., Kriswandani, & Ratu, N. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 pada Materi Aljabar Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(1), 10–23. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1775.

Untari, E. 2017. Problematika dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.41.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v30i12022p1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Esti Untari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats