Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Tari Kreasi pada Anak Kelompok B

Anis Urbaningrum, Suminah Suminah, Suhel Madyono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan tari kreasi dan mendeskripsikan peningkatan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kabupaten Blitar. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui cara menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas dengan penerapan tari kreasi serta meningkatkan motorik kasar anak. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan tari kreasi dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kabupaten Blitar.

Kata kunci: motorik kasar, tari kreasi, kelompok b


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti dkk. 2009: Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan RI.

Pramono, 2013. Pengenalan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rachmi, Tetty dkk. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahyubi, Heri. 2014. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sadiman, Arif. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suminah, Enah dkk. Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. 2015. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suyadi, 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Tristiani, Ira Trusti. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu Di TK Al Hidayah Cabean Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 pada Bab 1, pasal 1 butir 14.

Wulandari, Retno Tri. 2015. Pengetahuan Koreografi untuk Anak Usia Dini. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i12018p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahana Sekolah Dasar



Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats