Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual Serta Implikasinya pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Tri Murti

Abstract


Abstrak: Perkembangan fisik adalah perkembangan yang berkaitan dengan tinggi dan berat, serta bentuk tubuh, juga perkembangan otak. Perkembangan motorik, berkaitan dengan ketrampilan gerak. Perkembangan perseptual adalah merupakan kemampuan anak mengenal terhadap lingkungan. Implementasi dalam proses pembelajaran di SD antara lain : (1) Pembelajaran di lakukan secara langsung (2) melalui permainan-permainan yang sesuai dengan perkembangan anak, (3) pembelajaran yang dapat dilihat, didengar dan dirasa oleh indra yang lain. Agar informasi dapat diserap oleh anak dan difahami. Anak menjadi senang sehingga tujuan pembelajaran menjadi tercapai.

Kata kunci : perkembangan fisik, motorik, sekolah dasar


Full Text:

PDF

References


Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. 5 th Ed. New york : McGrow – Hill , Inc.

Mussen, P.H. dan Kagan, J.J. 1969. Child Development and Personality, 5 th. Ed. New York : Harper and Row Publisher

Seifert, K.L. dan Hoffnung. R.j. 1994. Child and Adolecen Development. 2 nd Ed. Boston : Houghton Mifflin Company.

Wahab Rochmat. 1999. Perkembangan Dan Belajar Peserta Didik. Jakarta : Depdikbud Dirjendikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Undang – undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Informasi Pendidikan dan Dunia Kerja ( Sindiker ) . (Online) , (Http : //sindiker.dikti.go.id/dok/uu 20 – 2003- sisdiknas.pdf) diakses pada November 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i12018p021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahana Sekolah Dasar



Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats