Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan

Muhammad Habib Ridwan, Alif Mudiono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini untuk menganalisis nilai karakter dalam buku siswa tema indahnya kebersamaan kelas IV SD yang di dalamnya mencakup (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) santun, (5) percaya diri, (6) peduli, dan (7) tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen berupa lembar perekam data. Sumber data penelitian ini berupa buku tema “Indahnya Kebersamaan di Kelas V SD”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan nilai karakter religius, percaya diri dan peduli sudah dilakukan dengan cukup baik. Sementara itu, nilai karakter jujur, disiplin, santun, dan tanggung jawab masih perlu dikembangkan. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menganalisis muatan nilai-nilai karakter pada tema-tema yang lain sehingga nilai-nilai karakter yang dikembangkan dapat teridentifikasi secara dengan jelas sesuai dengan nilai-nilai karakter yang dikembangkan.

Kata kunci: nilai-nilai karakter, buku siswa SD, dan tematik terpadu.


Keywords


nilai-nilai karakter, buku siswa SD, dan tematik terpadu

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Info Guru Indonesia, (Online), (http://www.guru-id.com), diakses 4 Januari 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku. Badan Pembinaan Hukum Nasional, (Online), (http://www.bphn.go.id/), diakses 4 Januari 2017.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v25i12017p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahana Sekolah Dasar



Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats