Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning
Abstract
Abstrak: Berdasarkan observasi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VI SDN I Ngilo-ilo pada mata pelajaran IPA berada di kategori rendah. Siswa belum mampu mengambil makna dari belajar, kemauan siswa dalam mengembangkan kreativitasnya masih rendah, serta kegiatan belajar siswa masih bergantung pada guru. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket, dan jurnal. Peranan metode Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI ditandai adanya peningkatan mean score (nilai rerata), yakni: siklus I 75,00; siklus II 78,00; dan siklus III 81,50. Selain itu juga ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 70,00%; siklus II 85,00%; siklus III 100%.
Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Discovery Learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, Ricardl. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v25i12017p008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Wahana Sekolah Dasar
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats