Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Model Make A Match di Kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung
Abstract
Abstrak: Penerapan model pembelajaran Make a Match adalah untuk memecahkan permasalahan yang terdapat pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung. Permasalahannya adalah sebagaian besar dari siswa kelas IV adalah hasil belajar yang disebabkan oleh guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran, kurang memberikan motivasi dan tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Penerapan model Make a Match setelah di lakukan penelitian sebanyak 2 siklus masing-masing terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 36% dan pada siklus II meningkat sebesar 86%, sehingga berhasil dapat meningkatkan aktifitas guru, aktifitas siswa serta hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung.
Kata Kunci: make a match, hasil belajar, IPS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( Mukhlis, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. 2010. Universitas Negeri Malang
Pradana, Ahmad Dennis. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Make A Match di Kelas 4 SDN Selokajang 3 Kabupaten Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v25i22017p035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Farraz Putri Febriani, Suminah Suminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats