Analisis Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Berbasis Kurikulum 2013 Pada Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Blitar

Liantika Wulansari, Lilik Bintartik, Yuniawatika Yuniawatika

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, dan hambatan yang ditemui guru serta upaya mengatasi hambatan dalam implementasi pendekatan saintifik di kelas IV SDN Kepanjenlor 02, Kota Blitar. Metode yang digunakan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru membuat RPP dengan menjabarkan keterampilan pendekatan saintifik secara implisit; (2) guru melaksanakan pembelajaran menggunakan keterampilan pendekatan saintifik; (3) guru  menggunakan penilaian autentik dilengkapi instrumen dan rubrik penilaian; dan (4) hambatan yang ditemui yaitu kurangnya keberanian siswa dalam bertanya secara klasikal, kurang tersedianya KBBI dan alat peraga.

 

Kata kunci: pelaksanaan, kurikulum 2013, pendekatan saintifik

 


Keywords


pelaksanaan, kurikulum 2013, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014a. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014b. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. PGSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.(Online), (pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-103-tahun-2014.pdf) diakses 05 September 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada.(Online), (luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud104-2014PenilaianHasilBelajar.pdf) diakses 05 Nopember 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), (http://www.dikdasmen.kemdikbud.go.id/index/php/permendikbud-22-tahun-2016/) diakses 05 Nopember 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i22018p062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Liantika Wulansari, Lilik Bintartik, Yuniawatika Yuniawatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats