Pembelajaran Matematika Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Hasil belajar siswa kelas IV B SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar pada mata pelajaran matematika masih rendah dikarenakan tingkat pemehaman siswa terhadap konsep matematika masih kurang dan bersifat sementara. Salah satu solusi pemecahan masalah yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model guided inquiry pada pembelajaran matematika agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan hasil rata-rata aktivitas guru dan siswa pada siklus I yaitu 84,5% dan 83,25% meningkat pada siklus 2 yaitu 96% dan 98%. Sedangkan untuk rata-rata ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 50%, dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendi, dkk. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas VI SDN 12 Matan Hilir Utara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, (Online), 3 (2014), (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4944), diakses 11 Januari 2017
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Hanifah, S. & Suhana, C. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Wijaya, K. & Dedi, D. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Wiriaatmadja, R. 2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i22018p043
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Kistin Restu Perdana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats