Peningkatan Hasil Mengidentifikasi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, Dan Agama Di Provinsi Setempat Melalui Model Crossword Puzzle Kelas IV

Mira Iswanti, Suminah Suminah, Sutansi Sutansi

Abstract


Abstrak Peneliti ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model crossword puzzle pada materi mengidentifikiasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat kelas IV. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dengan II pertemuan pada setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan model ini dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: keragaman, hasil belajar, crossword puzzle


Keywords


keragaman, hasil belajar, crossword puzzle

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Kunandar.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sadiman, A.S. 2014. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenamedia Group.

Tim Redaksi.-. Kamus Besar Bahasa Indonesia Terbaru. Jakarta : Gitamedia Press.

Yuliana. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Aktif Crossword Puzzle Kelas IV SD Sekarsuli. Skripsi tidak diterbitkan. FIP : UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i22018p056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mira Iswanti, Suminah Suminah, Sutansi Sutansi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats