Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar

Mukammad Wahyudi, Suhel Madyono, Alif Mudiono

Abstract


This study aims to find out 1) an increase in learning activities in writing narratives using series drawing media and 2) improving narrative writing skills using serial image media in class III of Kanigoro 04 Elementary School Blitar District. The approach used is a qualitative approach to the type of classroom action research. The study carried out 2 cycles in each cycle consisting of 2 meetings. Data obtained from interviews, observation sheets, field notes and documentation. The results obtained showed Student activities increased from cycle I 77% to 93% in cycle II. The results of students' narrative writing skills in cycle I 55%, in cycle II it increased to 89 %.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) peningkatan aktivitas belajar menulis narasi menggunakan media gambar seri dan 2) peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan media gambar seri di kelas III  SDN Kanigoro 04 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.  Penelitian dilaksanakan 2 siklus yang dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari wawancara, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan Aktivitas siswa meningkat dari siklus I 77% menjadi 93% pada siklus II. Hasil keterampilan menulis narasi siswa pada siklus I 55 % dan, pada siklus II meningkat menjadi 89%.


Keywords


activity; narrative writing skills; media image series; aktivitas; keterampilan menulis narasi; media gambar seri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Yanuarita Widi, dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia. 2(2), 250-262.

Keraf, Gorys. (2007). Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ludfianto, Ahmad Nur. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN Penataran 01 Kabupaten Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Mudiono, Alif. (2010). Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Putra, Ngurah Andi. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online. 2(4), 243-256.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sumanto. (2010). Media Pembelajaran di SD. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Suparno. (2005). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Percetakan angkasa.

Untari, E. (2017). Problematika dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 3(1), 259-270.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v27i12019p018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mukammad Wahyudi, Suhel Madyono, Alif Mudiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats