Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Siklus Hidup Hewan di Kelas IV SD

Dyas Valmey Faridy, Esti Untari, Alif Mudiono

Abstract


The implementation of thematic learning on the science content of the animal's life cycle is still not optimal. Thus interactive and interesting media are needed so that the implementation of learning can run optimally. The purpose of this research is to produce an interactive CD product containing animal life cycle material. The steps of this research are: (1) data collection, (2) planning of research implementation, (3) development of product draft, (4) validation of material experts and media experts, (5) revision of results of expert validation, (6) trials product. The results of 98% media validation (very feasible), 84% material validation (very feasible), 96% user validation (very feasible) and 100% product trial (very good). Thus, it can be concluded that the Interactive CD learning media for animal cycles in grade IV elementary school is very good and feasible to use.

 

Pelaksanaan pembelajaran tematik pada muatan IPA tentang siklus hidup hewan saat ini masih belum maksimal. Dengan demikian diperlukan media yang interaktif dan menarik agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa CD interaktif yang berisi materi siklus hidup hewan. Langkah-langkah penelitian ini adalah: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan pelaksanaan penelitian, (3) pengembangan draf produk, (4) validasi ahli materi dan ahli media, (5) revisi hasil validasi ahli, (6) uji coba produk.  Hasil validasi media 98% (sangat layak), validasi materi 84% (sangat layak), validasi pengguna 96% (sangat layak) dan uji coba produk 100% (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CD Interaktif siklus hewan di kelas IV SD sangat baik dan layak untuk digunakan.


Keywords


instructional media; interactive CD; animal life cycle; media pembelajaran; CD interaktif; siklus hidup hewan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Peluang Dan Tantangan MEA: Kerjasama Pendidikan Indonesia di Kawasan Asean. Ri’ayah: Journal of Social and Religious, 1(01), 28–39.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rev. Ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ginanjar, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanik (PhD Thesis). Universitas Sebelas Maret.

Hidayati, N. (2013). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(3).

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, A. P., Ruminiati, R., & Al Atok, A. R. (2017). The development of interactive multimedia on thematic learning in grade V by the theme history of Indonesian Civilization. Journal of Social Sciences (COES&RJ-JSS); Vol 6 (2017). https://doi.org/10.25255/jss.2017.6.3.438.454

Rumidjan, R., Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68.

Sugiyono, D. (t.t.). Prof.(2010). Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 201.

Syauqi, K. (2012). Pengembangan media pembelajaran modul interaktif las busur manual di SMK Negeri 1 Sedayu. Universitas Negri Yogyakarta.

Trisanti, D. C., & Sanjaya, I. (2013). Pengembangan Media Permainan Stoichio Game Pada Materi Pokok Konsep Mol Bagi Siswa SMA Sekolah Berstandar Internasional (The Development of Playing Media Stoichio Game In The Main Subject of Mole Concept for International Senior High School). UNESA Journal of Chemical Education, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v27i12019p010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dyas Valmey Faridy, Esti Untari, Alif Mudiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats