Peningkatan Hasil Belajar Tentang Penjajahan Belanda dan Jepang Melalui Model Mind Mapping pada Siswa Kelas V SD

Tiara Yusuf

Abstract


Peningkatan hasil belajar tentang penjajahan Belanda dan Jepang melalui model Mind Mapping pada siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Kabupaten Blitar. Penelitian ini membahas tentang penerapan model Mind Mapping dan peningkatan hasil belajar tentang penjajahan Belanda dan Jepang melalui model Mind Mapping pada siswa kelas V SDN Karangrejo 04 kabupaten Blitar. Aktivitas guru meningkat dari siklus I dengan rata-rata persentase 76% menjadi 96% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata persentase 70% menjadi 81% pada siklus II. Peningkatan nilai akhir hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan rata-rata 70% meningkat pada siklus II menjadi 82%.


Keywords


peningkatan; hasil belajar; model mind mapping

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2012.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmorowati, Dewinta. 2013.Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Mind Mapping Berbantuan Gambar pada Siswa Kelas IV SDN Nguliyan 01 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Malang

BSNP. 2006. Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Buzan, Tony. 2009. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran Cetakan Kelima. Jakarta: Rineka Cipta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sumaatmadja, Nursid. 2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v25i22017p075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Tiara Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats