PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM PENGRAJIN TUSUK SATE DESA DAWUHAN KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG PROVINSI JAWA TIMUR

duwi leksono

Abstract


Abstrak: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas para pengrajin bambu dengan pemanfaatan teknologi tepat guna yang berfungsi untuk oven pengering bambu. Mesin pengering bambu menggunakan bahan bakar gas dengan menggunakan tekanan udara untuk mengalirkan udara panas ke dalam ruang oven. Dengan penerapan teknologi tepat guna ini masyarakat pengrajin bambu dapat melakukan proses pengeringan bamboo secara cepat dengan tidak memerlukan waktu yang cukup banyak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di laksanakan di Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang dengan mengaplikasikan mesin oven pengering bambu dengan menggunakan bahan bakar gas. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (a) Proses pengeringan dilakukan dengan menggunakan mesin oven pengering bambu, sehingga proses produksi dapat dilakukan secara cepat dan maksimal. Dimana yang semula dilakukan secara konvensional memerlukan waktu 3 hari, bisa dipercepat dengan waktu 6 jam.; (b) Masyarakat melakukan produksi dengan menggunakan teknologi terbarukan dengan percepatan proses produksi; (c) Hasil produksi meningkat, dengan di sertai tercukupinya kebutuhan dan permintaan masyarakat mengenai tusuk sate.

 

Kata Kunci: Produktivitas, UMKM, Tusuk Sate


Full Text:

PDF

References


Ahyuna.,Hamzah,M.D.,&Najib,M.2013.Pemanfaataninternetsebagaimedia promosi pemasaran produk localolehkalanganusahadikotaMakasar.JurnalKomuniasi KAREBA, 2(1), 30-40.

Abdul rachman, S., A. Karim, M., I. Las, and I. Juliadi, 2006. Integrated crop management experiences on lowland rice in Indonesia, In Sumarno,Suparyo, A.M.Fagi and M.O. Adnyana (eds). Rice industri, culture and enviroment, Book 1. Indonesian Center for Rice Researh, Sukamandi

Badrudin, Rudy. 2012. Ekonomi Otonomi Daerah , Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Todaro,M, 2006. Pengembangan Ekonomi Dunia Ke Tiga, Edisi kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008. “Usaha Mikro, Kecil dan Menengah”. Kecamatan pakis desa banjarejo, (http://pakis.malangkab.go.id/.).

Zaman, MA, Bala, BK, 1989. Thin layer solar drying of rough rice. Sol Energy 1989; 42: 167-171.

Supradono, B.2007. Strategi pemasaranlewat internet (cybermarketing). Retrived fromhttp://jurnal.unimus.ac.id

Van Der Veen, M.G. dan C.M. Gonzales. 1997. Latihan penelitian sosial-ekonomi pola usaha tani. Nusa Tenggara Agricultural Support Project. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bekerjasama dengan Agricultural Economics Departement International Rice Research Institute. Bahan Latihan Vol.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.