PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM ARWANA PENGHASIL PELET PAKAN IKAN DESA BANJAREJO KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG PROVINSI JAWA TIMUR

Widiyanti widiyanti

Abstract


Abstrak: Potensi produk pelet makanan ikan mempunyai wilayah pasar yang sangat luas dan memiliki daya jual yang tinggi. UMKM di kelurahan Banjarejo merupakan salah satu dari beberapa UMKM yang memproduksi pelet dengan jumlah yang sangat besar. Produksi pelet melalui beberapa proses, mulai pencacahan bahan dasar, penggilingan, pencampuran, hingga proses pengeringan. Proses dasar dalam produksi pellet dilakukan secara manual mulai proses pencacahan, penggilingan dan pencampuran. Dengan jumlah produksi yang cukup besar sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dan tenaga yang cukup besar. Permasalahan dalam proses produksi pellet ikan antara lain permasalahan yang timbul setelah proses penggilingan, dimana proses pencampuran adonan dilakukan secara manual. Permasalahn tersebut memiliki dampak dan pengaruh yang cukup besar. Permasalahan yang terjadi dalam proses ini adalah lamanya proses pengadukan dan memerlukan tenaga yang cukup besar. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (a) Proses pengadukan dilakukan dengan menggunakan mesin pengaduk, sehingga proses produksi dapat dilakukan secara cepat dan maksimal. Dimana yang semula dilakukan secara konvensional memerlukan waktu 1 – 2 jam, bias dipercepat dengan waktu 15 menit.; (b) Proses pencacahan daging sudah dilakukan dengan menggunakan teknologi yang terbaharukan, sehingga proses pencacahan dengan kapasitas daging 20 kg dapat dilakukan dalam waktu 5 menit; (c) Masyarakat melakukan produksi dengan menggunakan teknologi terbarukan dengan percepatan proses produks; d) Hasil penjualan meningkat yang disertai dengan penjualan dengan skala besar.

 

Kata Kunci: Produktifitas, UMKM, Pelet Ikan


Full Text:

PDF

References


Abdul rachman, S., A. Karim, M., I. Las, and I. Juliadi, 2006. Integrated crop management experiences on lowland rice in Indonesia, In Sumarno,Suparyo, A.M.Fagi and M.O. Adnyana (eds). Rice industri, culture and enviroment, Book 1. Indonesian Center for Rice Researh, Sukamandi

Besari, M.S, “Teknologi di Nusantara”, Salemba Teknika, Jakarta, 2008.

Murdjito, G. 2012. Metoda Pengabdian pada Masyarakat. Makalah disajikan dalam Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2012.

Rintuh, Cornelis dan Miar. (2005) Kelembagaan dan Ekonomi Rakyat. Yogyakarta. BPFE.

Suryana. (2006) Ekonomi Pembangunan: Problematika dan Pendekatan. Jakarta.

Van Der Veen, M.G. dan C.M. Gonzales. 1997. Latihan penelitian sosial-ekonomi pola usaha tani. Nusa Tenggara Agricultural Support Project. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bekerjasama dengan Agricultural Economics Departement International Rice Research Institute. Bahan Latihan Vol.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.