PENGEMBANGAN PROFESI GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SMK DI SMKN 7 KOTA MALANG

syarif suhartadi

Abstract


Abstrak: Jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan: mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain sebagai seorang pendidik, guru juga dituntut untuk senantiasa mengembangkan profesinya. Salah satunya melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB). PKB adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Pelaksanaan pengembangan keprofesian ini telah diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Biro-krasi Nomor 16 Tahun 2009. Salah satu wujud pengembangan profesi guru yaitu melalui publikasi karya ilmiah. Pengembangan profesi melaksanakan publikasi ilmiah salah satunya adalah dengan menulis artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah. Oleh karena itu, maka tenaga pendidik/ guru harus mampu menyusun artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal. Tujuan dari pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi para tenaga pendidik khususnya guru di SMK Negeri 7 Malang adalah agar para peserta dapat: (1) membuat artikel hasil penelitian (2) membuat artikel non hasil penelitian, (3) menulis artikel sesuai kaidah tata tulis ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan observasi, wawancara, pelaksanaan prestest, penyampaian materi, praktik pembuatan jurnal, dan post test di akhir kegiatannya. Hasil Kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah hasil penelitian dan non-hasil penelitian adalah dapat meningkatkan pemahaman kepada para guru di SMK Negeri 7 Malang. Dilihat dari hasil tes penulisan artikel hasil penelitian (AHP) diperoleh hasil Pre-test 68,25% (cukup memahami) dan Pos-test 86,87% (sangat memahami), sehingga terdapat kenaikan pemahaman 18,62% dibanding sebelum dilaksanakan pelatihan. Untuk penulisan artikel non-hasil penelitian (ANHP) hasil Pre-test 66,17% (cukup memuaskan), hasil Pos-test sebesar 86,33% (sangat memuaskan) terdapat kenaikan pemahaman 20,16% dibanding sebelum dilaksanakan pelatihan.

 

Kata kunci: karya ilmiah, guru, SMK


Full Text:

PDF

References


Mujianto; Zubaidi; YM Suprapto, Yusuf. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Jaringan Telekomunikasi Digital (JTD) Melalui Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global. 1(1): 177-186.

Lyons, L.H & B Heasley. 2009. Study Writing. UK: Cambridge.

Komaidi, Didik. 2008. Aku bisa Menulis:Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap. Yogyakarta: Sabda Media.

Asik, Nur. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah melalui Pendekatan Kolaboratif. Seminar Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. 1(1): 168-183.

Rifai, Mien A. 1995. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Budiyanto, Dwi. 2017. Mengenal Karya Ilmiah. (Online), (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310007/pendidikan/mengenal-karya-ilmiah-pengantar-kuliah-pki.pdf), diakses 21 Maret 2019.

Suandi, I Nengah. 2008. Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKHSA. 41(1):124-133.

Suryoputro, Gunawan; Riadi, Sugeng; Sya’ban, Ali. 2012. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Jakarta: UHAMKA PRESS.

Farrah, Mohammed. 2012. Reflective Journal Writing as an Effective Technique in the Writing Process. Journal Humanities. 26(4): 997-1023.

Shaarawy, Hanaa Youssef. 2014. The Effect of Journal Writing on Student’s Cognitif Critical Thinking Skills. International Journal of Higher Education. 3(4): 120-128.

Muliasari, Desiani Natalina. 2010. The Internet as an Aid in Developing Writing Skills. Jurnal EDUCATIONIST. 4(1): 19-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.