PENINGKATAN EFISIENSI PENGISIAN MINUMAN GELAS KEMASAN KECIL DENGAN MENGGUNAKAN DISPENSER MULTI TAP OTOMATIS

windra windra

Abstract


Abstrak. Dispenser air minum merupakan teknologi buatan manusia yang berfungsi sebagai alat menge­lola air minum. Teknologi dispenser yang beredar dipasaran saat ini mayoritas hanya dilengkapi dengan 2 hingga 3 keran keluaran air. Hal ini dikarenakan dispenser didesain untuk melayani penuangan air ha­nya 1 gelas saja. Penggunaan dispenser dengan kran yang hanya 2 hingga 3 buah dinilai kurang efektif jika digunakan untuk proses penuangan air dalam kuantitas yang tinggi. Untuk mengatasi kelemahan dispen­ser dengan keterbatasan keran tersebut, melalui kegiatan pengabdian ini dirancang suatu dispenser yang memiliki tingkat efisiensi penuangan yang cukup tinggi. Dispenser dirancang khusus agar dapat me­ngi­si gelas secara otomatis untuk mempermudah penyediaan air minum gelas dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang bersaman. Perancangan ini dilakukan dengan meman­faatkan mikrokontroler ber­basis arduino, yang didukung oleh komponen lain berupa water valve, dan sensor air dengan harapan dapat mengurangi resiko air tumpah dan mencegah perbedaan volume takaran penuangan. Kedepannya, alat ini diharapkan dapat digunakan dalam kegiatan seperti rapat, kerja bakti/ kegiatan sosial, acara hajatan atau bahkan prosesi keagamaan.  

Kata Kunci:  dispenser otomatis, multi tap, mikrokontroler, efisiensi, gelas kecil.


Full Text:

PDF

References


Andrianto, H. (2017). ARDUINO Belajar Cepat dan Pemrograman. Bandung: Informatika.

Ginting, R. (2010). PERANCANGAN PRODUK. Yogyakarta: Graha Ilmu.

GKJW Wlingi. (2014). SEJARAH SINGKAT GKJW WLINGI. Retrieved from http://gkjwwlingi.blogspot.com/p/blog-page_8501.html

Ibeng, P. (2020). Pengertian Efisiensi, Tujuan, Manfaat, Syarat, Serta Contohnya. Retrieved February 20, 2020, from pendidikan.co.id website: https://pendidikan.co.id/pengertian-efisiensi-tujuan-manfaat-syarat-serta-contohnya/

Kadir, A. (2018). ARDUINO DAN SENSOR Tuntunan Praktis Mempelajari Penggunaan Sensor untuk Aneka Proyek Elektronika Berbasis Arduino (Giovani, Ed.). Yogyakarta: ANDI.

Suhendra. (2019). Konsep Dasar dan Aplikasi Mekanika Fluida Bidang Teknik Mesin: BUKU AJAR (Fungky, Ed.). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.