WARALABA SEBAGAI SARANA EKSPANSI USAHA FOOD STREET MIE AYAM WONOGIRIAN

Rizza Megasari, Dian Rachmawati, Rizky Dwi Putri

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh UKM Mie Ayam Wonogirian dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) Aspek Manajemen, setelah membuka cabang kemudian menutupnya dan membuka cabang kembali pada lokasi yang berbeda, terlihat perlunya pengaturan pengelolaan manajerial pada UKM Mie Ayam Wonogirian terhadap keberlangsungan usaha. (2) Aspek Pemasaran dan Produksi, pemasaran dari mulut ke mulut memang menambah pelanggan, namun karena persaingan dalam industri makanan yang ketat perlu adanya pemasaran yang gencar melalui sosial media dengan memanfaatkan endorsement kuliner lokal di Kota Malang. Berdasarkan permasalahan diatas, maka solusi yang ditawarkan diantaranya adalah melakukan pendampingan pembuatan Waralaba Mie Ayam Wonogirian untuk menarik investor sebagai langkah dalam peningkatan dan perluasan usaha. kegiatan pendampingan Waralaba dilakukan dengan pembuatan prospektus usaha, pembuatan struktur organisasi yang jelas, pendaftaran merek untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan investor terhadap keberlangsungan usaha. Metode pelaksanaan kegiatan pengembangan UKM ini dilakukan melalui FGD (Focus Group Discussion), pendampingan dan sosialisasi untuk mencapai target pelaksanaan pengembangan UKM Mie Ayam Wonogirian.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v3i22022p130-134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats