PELATIHAN IMPLEMENTASI CREATIVE WALL CLASS LEARNING (CWCL) SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN BAGI GURU SMK DI MALANG

marsono marsono, yoto yoto, riana nurmalasari

Abstract


Kebijakan peningkatan mutu pendidikan SMK melalui pemantapan proses belajar mengajar yang inovatif dan kreatif di sekolah telah menjadi komitmen nasional. Beberapa bentuk wujud upaya pelaksanaan kebijakan peningkatan mutu pendidikan SMK antara lain: penyempurnaan kurikulum, silabus, pengadaan sarana dan prasarana, dll.  Tanpa terkecuali pengembangan kemampuan guru dalam menciptakan inovasi pembelajaran. Salah satu aspek dalam inovasi pembelajaran yaitu penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Selanjutnya, salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pelatihan yaitu creative wall class learning. Creative wall class learning merupakan salah satu inovasi model pembelajaran yang secara konsep menekankan pada kreatifitas siswa untuk menciptakan suasana kelas seperti layaknya pameran karya. Inovasi ini berkaitan erat dengan kemampuan siswa memaksimalkan aspek dalam dirinya untuk mendapatkan pengalaman belajar dengan cara yang menyenangkan. Berdasarkan hasil output SPSS diketahui bahwa diperoleh nilai R 0,851 yang berarti bahwa korelasi antar variabel persepsi dan motivasi guru terhadap inovasi pembelajaran sebesar 0,851. Selanjutnya nilai R2 sebesar 0,725 berarti bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel persepsi dan motivasi terhadap inovasi pembelajaran yaitu 72,5 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Nilai signifikansi diperoleh 0,000 yang berarti bahwa kurang dari 0,05 dan ini artinya ada pengaruh secara bersama-sama antara persepsi dan motivasi terhadap inovasi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Amaliah, Raden Rizky; Fadhil, Abdul; Narulita, Sari. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMAN 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an. 10(2): 119-131.

Dewi, Erni Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern dan Konvensional pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2(1): 44-52.

Gilakjani, Abbas Pourhossein; Ismail, Hairul Nizam; Ahmadi, Seyedeh Masoumeh. 2011. The Effect of Multimodal Learning Models on Language Teaching and Learning. Theory and Practice in Language Studies. 1(10): 1321-1327.

Harsono, Beni; Soesanto; Samsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM. 9(2): 71-79.

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make A Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 3(2): 199-211.

Irawati, Puji; Mintarti W, Sri Umi. 2016. Analisis Kemampuan Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pengelolaan Kelas X SMAN 8 Malang. JPE. 9(1): 51-62.

Kang, Rui; Mehranian, Yeprem; Hyatt, Charles. 2017. Incorporating an Image-Based, Multimodal Pedagogy into Global Citizenship Education. IJEA. 18(23): 1-24.

Lestari,Tri; Wujoso, Hari; Suryani, Nunuk. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. 7(1): 16-23.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. 11(1): 9-16.

Nuraisah, Eva; Irawati, Riana; Hanifah, Nurdinah. 2016. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 291-300.

Nurmalasari, Riana; Marji; Andoko; Puspitasar, Poppy. 2016. Peran Strategis Buku Dalam Meningkatkan Keberhasilan Pendekatan Scientific Pembelajaran Mekanika di SMK. Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya. 39(2): 145-154.

Nurmalasari, Riana; Sutadji, Eddy, & Oktaviastuti,Blima. 2019.Vocational education as the answer of challenges for global competition. IOP. 1273(1).

Nurmalasari, Riana; Oktaviastuti, Blima & Nafiah, Annisau. 2019. The Role and Teacher's Understanding in Implementing Curriculum on Vocational High School. JPP.26(2): 57-59.

Oktaviastuti, Blima; Nurmalasari, Riana, & Wena, Made. 2020. Peran vocational attitude dan Technical Skills bagi Siswa SMK. Prosiding SNKP 2019. 1(1): 260-266.

Papageorgiou, Vasiliki ; Lameras, Petros. 2017. Multimodal Teaching and Learning with the Use of Technology: Meanings, Practices and Discourses. ICELDA. 133-140.

Picciano, Anthony G. 2009. Blending with Purpose: The Multimodal Model. Journal of Asynchronous Learning Networks. 13(1): 7-18.

Raharjo, Hermawan Pamot. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Membentuk Karakter Positif Anak. Journal of Physical Education, health, and Sport. 2(1): 28-31.

Sun, Meiwei. 2015. Application on Multimodal Learning in Online English Teaching. iJET. 10(4): 54-58.

Tambak, Syahraini. 2014. Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah. 21(2): 375-401.

Ulviana; Haris, Mukhtar; Hadisaputra, Saprizal. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Progresif. 6(2): 174-178




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v2i22021p83-89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats