PELATIHAN IMPLEMENTASI ROBOTIKA MANUFAKTUR UNTUK PENGUATAN KEMAMPUAN OTOMASI INDUSTRI 4.0 ALUMNI JURUSAN TEKNIK MESIN

marsono marsono, riana nurmalasari, yoto yoto

Abstract


Robotika menjadi bagian penting dalam kemajuan teknologi dan peradaban dunia. Perkembangan teknologi robotika yang kian pesat telah terjadi di semua  bidang kehidupan, mulai dari bidang manufaktur, industri, kesehatan, pendidikan bahkan di bidang militer. Dari perkembangan robot di industry tersebut, alumni jurusan Teknik mesin sangat urgen untuk segera mendapatkan pengetahuan ataupun kemampuan tambahan sehingga tidak ketinggalan perkembangan otomasi manufaktur terutama dalam bidang penggunaan robot manufaktur di industri. Permasalahan yang mendasar pada alumni jurusan Teknik mesin terkait dengan pengetahuan robotika yaitu belum semuanya paham terkait aplikasi pemrograman robot untuk pengerjaan produk manufaktur. Selain itu, alumni Teknik mesin masih kebingungan bagaimana mereka meningkatkan skills mereka tentang pemrograman robotika dimana banyak industri sekarang sudah menggunakan ataupun menempatkan robot pada alur industri. Oleh karenanya diperlukan pelatihan implementasi robotika manufaktur. Hasil yang dicapai pada pelaksanaan pelatihan robotika bagi para alumni adalah mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait robotika guna dimanfaatkan di dunia industri maupun di SMK tempat para alumni bekerja. Hasil pemahaman peserta pelatihan robotika dianalisis secara terpisah dan juga menyeluruh. Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan robotika ini yaitu konsep dasar robotika, teknik desain robot, sistem kendali robot, kinematika robot, teknik pemrograman robot dengan arduino, konsep humanoid robot di dunia industri, program arm robot, dan cara menjalankan program.


Full Text:

PDF

References


Arifin, S., & Wicaksono, A. 2014. Rancang Bangun Robot Otomatis Loy Krathong Berbasis Mikrokontroler Atmega 128 Pada Kasus KRI 2011. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA, 8(1).

Bradley, D., Dawson, D., Burd, N. & Loader, A. 1991. Mechatronics: Electronics in products and processes. London: Chapman & Hall.

Budiharto, W. 2005. Belajar Sendiri: Membuat Robot Cerdas. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Budiharto, W. 2010. Robotika: Teori & Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Ibrahim, A., Alexander, R., Sanghar, M. & D’souza R. 2016. Control Systems in Robotics: A Review. International Journal of Engineering Inventions, 5(5), 29-38, ISSN: 2319-6491.

Jalil, A. 2016. Rancang Bangun Robot Humanoid. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK), Pascasarjana Magister Sistem Komputer STMIK Handayani, Makassar, 2016.

Jatmiko, W., Mursanto, P., Tawakal, P., Alvisalim, S. & Hafidth, A. 2012.

Robotika: Teori dan Aplikasi. Depok: Universitas Indonesia.

Jaya, H. 2016. Desain dan Impelementasi Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroller. Makassar: Mitra Grafika.

Marsono dkk. 2021. Design and Programming of 5 Axis Manipulator Robot with GrblGru Open Source Software on Preparing Vocational Students’ Robotic Skills. Journal of Robotics and Control. 2(6): 539-545.

Muis, S. 2011. Prinsip Dasar Cara Kerja Robot. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pitowarno, E. 2006. Robotika Desain, Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Publisher.

Supriyanto, R., Hustinawati, Nugraini, W., Kurniawan, A., Permadi, Y., & Abdurrachman, S. 2010. Robotika. Jakarta: Universitas Gunadarma.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v3i12022p8-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats