HYDRAULIC PRESS MACHINE SAMPAH UN-ORGANIK DALAM UPAYA PENANGGULANGAN SAMPAH UN-ORGANIK BAGI WARGA BINAAN LEMBAGA PERMASYARAKATAN 1 KOTA MALANG

Basuki Basuki

Abstract


Abstrak. Lembaga Permasyarakatan (Lapas) merupakan lembaga dibawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang memiliki tugas dan fungsi untuk membina dan mendidik napi supaya dapat kembali menjadi manusia yang memiliki kreatifitas, produktivitas dan berguna dalam masyarakatnya. Permasalahan yang timbul dalam lingkungan lapas antara lain: 1) Bagaimana upaya meningkatkan efektivitas pengolahan limbah sampah plastic di Lapas Lowokwaru Kota Malang melalui penerapan teknologi mesin press Plastic Hidraulik, 2) Bagaimana meningkatkan lingkungan yang bersih dan asri di Lapas Lowokwaru Kota Malang  melalui pengolahan limbah sampah yang efisien. Solusi permasalahan yang dihadapi mitra antara lain: 1) Penerapan inovasi teknologi mesin Press Plastic Hidraulik yang dapat mempercepat proses pengolahan sampah un-organik, 2) peningkatan pengolahan sampah un-organik dan juga peningkatan kelestarian lingkungan lapas. Hasil dari kegiatan PKM dalam penerapan inovasi teknologi tepat guna mesin press plastic, warga binaan Lapas 1 Kota Malang lebih mudah dalam pengelolaan sampah. Hal ini dapat dilihat dengan semakin sedikitnya sampah plastic anorganik dan pengemasan plastic yang sudah siap di jual ke pengepul plastic.

Kata Kunci: Hydraulic Press Mechine, Sampah Unorganiuk, Lapas

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2012. Penuntun Praktikum Mikrobiologi. Laboratorium Biologi UMS : Surakarta.

Wardhani, N. S., Hartati, S., & Rahmasari, H. (2016). Sistem Pembinaan Luar Lembaga Bagi Narapidana yang Merata dan Berkeadilan Berperspektif Pada Tujuan Pemasyarakatan. Jurnal Hukum & Pembangunan, 45(1), 1-32.

Rhohman, F., & Budiretnani, D.A. (2018). Optimalisasi Proses Produksi Tahu untuk Peningkatan Kesejahteraan Produsen Tahu. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 113–118.

Suryani, E. (2018). Pembelajaran Keterampilan Batik Sebagai Pemberdayaan Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Ii B Yogyakarta. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 7(3), 266-277

Panjaitan, P. I., & Widiarty, W. S. (2008). Pemasyarakatan Narapidana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang pengadilan anak

Waluyo, B. (2004). Pidana dan Pemidanaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v3i12022p46-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats