PELATIHAN PENYUSUNAN RPP BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMP ISTANA HATI BINJAI

Suci Dahlya Narpila, Aufa Aufa, Uswatun Hasanah

Abstract


Adanya perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka merupakan salah satu upaya pemerintah dalam terus memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Menghadapi perubahan tersebut tentu saja pihak sekolah, dalam hal ini yaitu SMP Istana Hati Binjai harus mempersiapkan diri mereka terkait penerapan kurikulum merdeka ini. Para guru SMP Istana Hati Binjai juga harus sigap mempelajari tentang kurikulum merdeka ini, terutama terkait dengan perangkat pembelajaran seperti RPP. Guru membutuhkan pelatihan yang memberikan informasi terkait RPP pada kurikulum merdeka yang akan digunakan dalam prose pembelajaran.Untuk itu, tim PkM UINSU yang terdiri dari 3 orang dosen memberikan pelatihan dengan tema menyusun RPP berbasis kurikulum merdeka. Pelatihan dilaksanakan selama satu bulan dengan 6 kali sesi pelatihan, yaitu pada tanggal 16 Mei 2022, 23 Mei 2022, 30 Mei 2022, 6 Juni 2022, 13 Juni 2022 dan 20 Juni 2022. Adapun peserta pelatihan adalah 20 orang guru SMP Istana Hati Binjai. Dari pelatihan ini, peserta mendapatkan wawasan terkait RPP berbasis kurikulum merdeka, bahkan masing-masing peserta menghasilkan produk berupa 1 berkas RPP yang siap digunakan dalam pembelajaran. Selama pelatihan berlangsung, peserta sangat antusias. Hasil angket serta wawancara menunjukkan bahwa peserta sangat puas terhadap kegiatan pelatihan. Peserta juga berharap diselenggerakan kembali pelatihan serupa dengan tema yang berbeda.

Full Text:

PDF

References


Abrori, M., & Muali, C, 2020, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan, nomor 1, vol 1, hal 1-16

Ananda, P. A., & Hudaidah, 2021, Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa ke Masa. SINDANG : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, nomor 2, vol 2, hal 102–108.

Andari, E, 2022, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, nomor 1, vol 2, hal 65–79.

Anggara, A., Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N, 2023, Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, nomor 5, vol 1, hal 1899–1904.

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W, 2021, Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, nomor 1, vol 2, hal 81–94.

Nirwana, N, 2019, Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Mempersiapkan RPP di TK Al Mustafa Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, nomor 1, vol 2, hal 73–88.

Nugraha, T. S, 2022, Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, nomor 19, vol 2, hal 251–262.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P, 2022, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, nomor 6, vol 4, hal 6313–6319.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v4i22023p110-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats