TEKNIK BUDIDAYA CABE KERITING SECARA ORGANIK DI KELOMPOK TANI HANDAYANI, PEKON SIDOKATON, KECAMATAN GISTING

Nanang Wahyu Prajaka, Raida Kartina, Sekar Utami Putri, Wika Anrya Darma, Riana Jumawati

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membimbing kelompok tani cabe khususnya kelompok tani Handayani untuk memulai membudidayakan tanaman cabe secara organik pada lahan usaha taninya. Metode pelaksanaan yang digunakan terdapat tiga tahapan yaitu peningkatan pengetahuan, peningkatan ketrampilan dan evaluasi. Peningkatan pengatahuan diberikan melalui ceramah untuk memberi pengetahuan tentang budidaya tanaman cabe organik, pestisida nabati dan pembuatan pupuk kompos berbahan Azolla pinnata; dilanjutkan peningkatan keterampilan dengan pembuatan pestisida nabati, perbanyakan Azolla pinnata dan pembuatan kompos, demplot tanaman cabe kemudian evaluasi. Bimbingan demonstrasi cara pembudidayaan cabe organik dimulai dari penanaman bibit di bumbungan, aplikasi kompos azolla pada lubang tanam, lalu penanaman cabe dan aplikasi pestisida nabati.  Petani menanam cabe pada bedengan yang telah dibuat sebanyak 192 tanaman yang terbagi dalam 6 bedengan.  Kemudian dilaksanakan kegiatan pemeliharaan, pengendalian hama dan penyakit dengan aplikasi pestisida nabati, dan panen serta penanganan pasca panen. Kegiatan ini akan dimonitor. Monitoring dilakukan 1 bulan sekali terutama di setiap akhir kelompok kegiatan budidaya yang dipraktikkan. Sebagai indikator keberhasilan adalah hasil evaluasi akhir penyuluhan dengan masing-masing indikator penilaian meningkat sebesar 90 persen dari segi pengetahuan budidaya cabe secara organik dan keterampilan teknik budidaya cabe organik meningkat.

Full Text:

PDF

References


Anwar, H. 2023. Bangka Belitung Surplus Cabai Merah. https://distan.babelprov.go.id/content/bangka-belitung-surplus-cabai-merah. Diakses tanggal 30 Juni 2023.

Hartono, 2003. Penyakit virus daun menguning dan keriting pada cabe di Yogyakarta dan upaya pengendaliannya. Fakultas pertanian Universitas Gajah Mada. Yogyakarta. Makalah Seminar 6 halaman.

Hakim, N., M.Y. Nyakpa, A.M.Lubis, S. G. Nugroho, M. A. Diha, Go Ban Hong, H.H. Bailey. 1986. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Universitas Lampung. Lampung. 488 hlm.

Kartina, R., Sismanto dan Gunawan, I. 2016. Dukungan Pestisida Nabati terhadap Kemampuan pemulihan tanaman cabe organik demplot IbM dari serangan penyakit keriting.

Prasetyo, A., Endang, L., Wani, H.U., 2014. Hubungan Sifat Fisik Tanah, Perakaran dan Hasil Ubi Kayu Tahun Kedua pada Alfisol Jatikerto Akibat Pemberian Pupuk Organik dan Anorganik. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan 1(1): 27-37.

Prajnanta, F. 2001. Agribisnis cabe hibrida. Penebar swadaya. 161 hal

Santika, A. 1999. Agribisnis cabe. Penebar swadaya. 183 hal.

Setiawati, W. 2003. Pengendalian Kutu Kebul (Bemisia tabaci) pada Tanaman Cabe. Makalah seminar sehari mengenai Pengenalan dan Pengendalian Penyakit Virus pada Tanaman Cabe, Jakarta.11 hal

Watanabe, I. 2005. Azolla and its use. http://wwwasahi-net.or.jp/%7Eit6i-wtnb/azollanewsE.htmlt.

Yamada. H. 1988. “Some Experimental Result Obtained from the Studies on Technological Evaluasi of Organic Farming and Gardening” Agriculture Technology 43: 433-437

Van Der Veen, M.G. dan C.M. Gonzales. 1997. Latihan penelitian sosial-ekonomi pola usaha tani. Nusa Tenggara Agricultural Support Project. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bekerjasama dengan Agricultural Economics Departement International Rice Research Institute. Bahan Latihan Vol.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v4i22023p101-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats