PERAN DAN TANTANGAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN TOLERANSI DAN PERDAMAIAN PADA ANAK SEJAK DINI

Anida Maysah Ilmi, Anisa Fitri Al Husna, Asnami Asnami, Rizal Maulana

Abstract


Pendidikan toleransi dan perdamaian pada anak sejak dini menjadi isu penting dalam era globalisasi dan pluralisme sosial. Keluarga memiliki peran utama sebagai institusi pendidikan awal yang membentuk karakter anak-anak agar menjadi individu yang toleran dan damai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran serta tantangan yang dihadapi keluarga dalam mengembangkan kesadaran dan nilai-nilai toleransi serta perdamaian pada anak-anak, serta menawarkan solusi dan strategi untuk mengatasi tantangan masa depan. Namun, tantangan-tantangan yang dihadapi pendidikan toleransi dan perdamaian di lingkungan keluarga termasuk pengaruh lingkungan rumah, pendidikan karakter, dan perlunya pendekatan pluralis-toleran. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk sekolah dan komunitas, penting untuk mendukung proses pendidikan ini. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut dari berbagai sumber contohnya seperti buku, jurnal dan riset-riset yang sudah pernah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga terutama orang tua sangat penting diterapkan pada anak usia dini untuk perkembangan sikap toleransi dan perdamaian anak dimasa depan.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Christianto, R. A. (2014). Pendidikan Perdamaian Dalam Keluarga (Peranan Orang Tua Dalam Penerapan Nilai-Nilai Perdamaian Dalam Keluarga Di GKMI Siloam). 1–31. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8889

Fahmi Dahlan, Andi Muhammad Shaleh Alwi, & Andi Ombong Sapada. (2021). Toleransi dan Pendidikan Karakter Anak Sejak dalam Keluarga; Pemukiman Toraja Kelurahan Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 14–27. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.15

Hasni, U. (2021). Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Sejak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 200–213. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3442

Kebudayaan, K. P. dan. (2020). Menumbuhkan toleransi anak usia dini dalam keluarga. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Mahfuz, G. (2018). Bertoleransi Ciptakan Perdamaian - Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Muchtar, M. I. (2022). Peran dan Tantangan Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(2), 188–199.

Nasri, U., & Tabibuddin, M. (2023). Paradigma Moderasi Beragama: Revitalisasi Fungsi Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural Perspektif Pemikiran Imam al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1959–1966. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1633

Rosyad, R. (2022). Toleransi dan Perdamaian di Masyarakat Multikultural.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sukma, Hayati, F., & Marlini, C. (2021). Peran Keluarga Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Gaseh Bunda di Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1–17.

Ulfah, A. (2021). Pendidikan Pluralis-Toleransi di Lingkungan Keluarga (Studi Kasus di Ngadas Poncokusumo Malang). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ulfah, A., Asrori, M., & Tharaba, M. F. T. (2022). Pendidikan Pluralis-Toleran Di Lingkungan Keluarga Ngadas Poncokusumo Malang. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 16–29. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.775

Widyarini, I., & Mashuri, A. (2021). Webinar Toleransi Kunci Perdamaian NKRI - Psikologi UB.

Yuliati, & Aptery, A. P. (2023). Modul Konsep Dasar Perdamaian dalam Penanganan Konflik. NBER Working Papers, 1–28. http://www.nber.org/papers/w16019




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v5i22024p80-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats