Pendampingan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah (KKM MA) Mrangen untuk Pembuatan Video Pembelajaran interaktif

Abi Senoprabowo, Muslih Muslih, Elkaf Rahmawan Pramudya, Supriyono Asfawi

Abstract


Sekolah merupakan sebuah institusi yang bertanggungjawab untuk menyediakan adanya media pembelajaran yang baik dan bervariatif. KKM MA-1 Mranggen menjadi salah satu kelompok sekolah yang mengalami cukup kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran yang berkualitas khususnya video pembelajaran. Kegiatan pembelajaran KKM MA-1 Mranggen masih dilaksanakan secara konvensional. Kendala ketersediaan peralatan dan media pembelajaran video interaktif menjadi tantangan utama. Video pembelajaran yang digunakan di KKM MA-1 Mranggen didapatkan para guru dari youtube dan media sosial. Kendala yang dihadapi oleh para guru karena video yang diambil bukan buatan sendiri, maka materi yang diberikan tidak semuanya sesuai dengan yang diinginkan oleh pengajar. Selain itu, kebanyakan materi tersedia dalam bahasa inggris yang akan sulit dipahami oleh peserta didik. Padahal video pembelajaran interaktif sangat menarik karena mengabungkan antara tampilan pembicara dan juga materi yang disampaikan. Target luaran kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman peserta tentang membuat konsep video pembelajaran yang diterapkan dalam pembuatan naskah. meningkatnya ketrampilan peserta tentang cara mengambil video pembelajaran yang baik dan menarik. meningkatnya ketrampilan peserta tentang editing video, serta distribusi video yang sesuai untuk peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81.

Faridah, A. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia (Islamic School Education in Indonesia). Jurnal, Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI Kompleks DPR MPR RI Jl. Gatot Subroto Senayan Jakarta. Jakarta: Sekretariat Jenderal DPR RI.

Herayanti, L., Safitri, B. R., Sukroyanti, B. A., & Putrayadi, W. (2019). Pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru-guru di sdn 1 ubung dengan memanfaatkan bandicam. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi video dalam pengajaran dan pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105-112.

Musfa’ah, A., Slamet, J., & Arbi, A. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis KineMaster untuk Pendidik di SDN Petemon X/358 Surabaya. Jurnal Abdidas, 3(4), 748-755.

Pramudya, E. R., Senoprabowo, A., Soeleman, M. A., & Asfawi, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Multimedia untuk Terapan materi Video Pembelajaran di SMPN 2 Kledung Kabupaten Temanggung. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(2), 669-675.

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(4), 242-247.

Putra, A. D., Rahmanto, Y., Satria, M. N. D., & Suwisma, I. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran pada SMK Negeri 1 Tegineneng. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 129-134.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v5i22024p100-105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats