Hubungan Peran Kader dengan Partisipasi Orangtua dalam Pelaksanaan Kegiatan Bina Keluarga Balita di Desa Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran kader dalam pelaksanaan kegiatan bina keluarga balita. (2) Partisipasi orangtua dalam pelaksanaan kegiatan bina keluarga balita. (3) Hubungan antara peran kader dengan partisipasi orangtua dalam pelaksanaan kegiatan bina keluarga balita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kader dalam pelaksanaan kegiatan BKB di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang terbilang tinggi adalah kader berperan dalam mencatat hasil perkembangan anak di KKA, sedangkan peran kader yang masih rendah adalah peran kader dalam mendampingi keluarga untuk melakukan rujukan. (2) Partisipasi orangtua dalam pelaksanaan kegiatan BKB tergolong tinggi terutama pada partisipasi orangtua dalam mengisi daftar hadir pertemuan BKB. Partisipasi orangtua dalam memberikan solusi terhadap pelaksanaan kegiatan bina keluarga balita rendah . (3) adanya hubungan yang kuat dan searah antara peran kader dengan partisipasi orangtua dalam dalam pelaksanaan kegiatan BKB di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.
Abstract
This study aims to determine: (1) The role of cadres in the implementation of the toddler family building program (BKB). (2) The participation of parents in the implementationof BKB. (3) The relationship between the role of the cadres with the participation of parents in the implementation of BKB. The results showed that: (1) The role of cadres in the implementation of BKB activities in Mangliawan Village, Pakis Subdistrict, Malang Regency which is relatively high is that cadres play a role in recording the results of children's development in KKA, while the role of cadres that is still low is cadres accompanying families in making referrals.(2) Parent participation in the implementation of BKB activities in Mangliawan Village, Pakis Subdistrict, Malang Regency which is high on parental participation in filling the list of attendance at BKB meetings and low parental participation, namely parental participation in providing solutions to the implementation of toddler family development activities. (3) There is a strong and unidirectional relationship between the role of cadres and parental participation in the implementation of the activities of BKB in Mangliawan Village, Pakis District, Malang Regency
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BKKBN. 2009. Bahan Penyuluhan Bina Keluarga Balita (BKB). Provinsi Jawa Timur
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nasution, Zulkarnaen. 2009. Solidaritas Sosial dan Partisipasi Masyarakat Desa Transisi. Malang: UMM Press
Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Widoyoko,Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar
Sari, Dwi Ariska. 2013. Kemacetan Penyelenggaraan Program Bina Keluarga Balita (BKB) Studi Kasus di Desa Sidorahayu Kecamatan Wagir Malang. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negari Malang.
Oktriyanto. (2016). Dalam Pengasuhan Dan Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun ( Participation Among Family Members of Bina Keluarga Balita ( Bkb ) in Growth and Development for Children Age 0-6 Years ). 1(2), 133–142.
Pratama, D. (2017). Dampak Partisipasi Orang Tua Dalam Kegiatan Bina Keluarga Balita Terhadap Proses Stimulasi Tumbuh Kembang Balita (Studi pada Keluarga Peserta BKB Flamboyan Rw 03 Kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 42–52.
Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688
Setianingrum, S., Desmawati, L., & Yusuf, A. (2017). Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.13891
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v15i1p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats