Pengaruh Pola Asuh dan Kemandirian terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kota Malang

Cristiana Normalita de Lima, Supriyono Supriyono, Sri Wahyuni

Abstract


Pola asuh orang tua menjadi tolak ukur dalam pembentukan karakter anak serta perkembangan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak, 2) pengaruh kemandirian anak terhadap perkembangan sosial emosional anak, dan 3) pengaruh pola asuh dan kemandirian anak terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai Sig variabel pola asuh (0.041) yang diperolah lebih kecil dari nilai alpha, yang mengindikasikan bahwa pola asuh mempunyai pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak. 2) Hasil uji hipotesa menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa kemandirian tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak. 3) Adanya pengaruh positif dan pengaruh signifikan secara bersamaan antara pola asuh dan kemandirian terhadap perkembangan sosial emosional anak. berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada orang tua agar bijak dalam memilih dan menerapkan pola asuh kepada anak usia dini sehingga membantu perkembangan sosial emosional anak secara optimal.


Keywords


Pola Asuh, Kemandirian, Perkembangan Sosial Emosional

Full Text:

PDF

References


Dewi, R. A., Murtini, Pratiwi, K. 2015. Pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Julnal Ilmu Kebidanan. III(3), 105-112

Guhardja S., Puspitawati, H., Hartoyo, Hastuti D. 1992. Manajemen Sumberdaya Keluarga. Bogor: Departemen Gizi Masyarakat Dan Sumberdaya Keluarga,Fakultas Pertanian,IPB.

Hijriati. 2019. Faktor dan kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia dini. V(2), 94-102

Hikmah, U. N. 2012. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia dini di era perwinda 01 Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Naskah Publikasi Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Janie, D, N, A. 2012. Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang Universitity Press

Komala, Hj. 2015. Mengenal dan megembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi. 1(1), 31-45

Maria, I., Amelia, E. R. 2018. Perkembangan aspek sosial-emosional dan kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk anak usia 4-6 tahun. DOI: 10.31219/osf.io/p5gu8. Diunduh pada tanggal 9 september 2020, dari https://osf.io/p5gu8/download.

Martini, W. 2012. Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi. 39(1), 112-120

Mukhlis, A., Mbelo, A. F. 2019. Analisis perkembangan sosial emosional anak usia dini pada permainan tradional. Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), 11-28

Neuman, W.L. 2013. Social research methods: Qualitative and quantitative approach. Boston: Allyn and Bacon

Nurjannah. 2017. Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui keteladanan. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 14(1), 50-61

Pahenra, Salwiah, Taslim, N. R. 2018. Deskripsi pola asuh orang tua yang bekerja pada anak usia dini di TK Tunas Makarti Kota Kendari. Jurnal Smart PAUD. 1(2), 176-182

Pangestu, S., Saparahayuningsih, S., Delrefi, D. 2017. Kemandirian anak dalam pembelajaran pengembangan sosial emosional (studi deskriptif kuantitatif di PAUD Assalam Muara Bangkahulu Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia. 2(2), 86-90

Sa’diyah, R. 2017. Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat. XVI(1),31-46

Sari, P.P., Sumardi, Mulyadi, S. 2020. Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapeda. 4(1),157-170

Setyowati, Y. 2005. Pola komunikasikeluarga dan perkembangan emosi anak (studi kasus penerapan pola lomunikasi keluaga dan pengaruhnya terhadap perkembangan emosi anak pada keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(1), 67-78

Utami, T. W. P., Nasirun, M., Ardina, M. 2019. Studi deskriptif kemandirian anak kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia. 4(2), 151-160

Wanda, R., Nyoko, Y.O., Kody, M. M., Agustine, U. 2017. Pola asuh keluarga dan perkembangan pra sekolah. Jurnal Kesehatan Primier. 2(1),195-204

Windarwati, H.D., Melani, A. A., Yustita, R. 2010. Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosi anak usia pra sekolah di TK Rohmatul Magfiroh Desa Pakisaji Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Jurnal Kesehatan. 3(1), 28-34

Van der Voort, A., Juffer, F., Bakermans-Kranenburg, M. J. 2014. Sensitive parenting is the foundation for secure attachment relationship and positive social-emotional development of children. Journal of Childrend’s Service. 9(2), 165-176




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v17i1p37-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats