Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19

Indah Andayani, Maria Veronika Roesminingsih, Wiwin Yulianingsih

Abstract


Pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan dengan adanya pandemi Covid-19. Penurunan daya beli konsumen dari sektor pemasaran tradisional dengan penutupan sektor pariwisata merupakan tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usaha. Peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pandemi adalah dengan memaksimalkan penjualan di pasar Online. Pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar Online perlu dilakukan atau pilihan lain dengan memberdayakan pelaku UMKM pada produk yang paling dibutuhkan di masa pandemi seperti, masker dan hand sanitizer. Tujuan penelitian untuk mendapatkan model pemberdayaan yang paling dibutuhkan pelaku UMKM di masa pandemi covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. 18 Sampel pelaku UMKM berasal dari kabupaten Kediri dengan stratified random sampling. Tahap analisis data dimulai dari koleksi, reduksi, display, verifikasi, dan simpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, member check, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian menggambarkan bahwa beberapa kendala yang dialami pelaku UMKM kabupaten Kediri terletak pada proses pemasaran produk, sehingga strategi pemberdayaan yang paling dibutuhkan para pelaku UMKM adalah pemberdayaan pemasaran produk secara online melalui platform market digital dan dapat melalui strategi pemberdayaan inovasi produk UMKM untuk beralih pada produk yang paling dibutuhkan (masker, hand sanitizer).


Keywords


Pemberdayaan masyarakat; pelaku UMKM; pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Amri, Andi. 2020. Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. Vol. 2(1) 123-130.

Elfizon, Ganefri, dan Asrul Huda. 2020. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemasaran Produk Industri Rumah Tangga melalui Penerapan E-cpmmerce. Jurnal teknik elektro dan vokasional. Vol. 6(2) 237-242

Fauji, Diah Ayu Septi dan Gesty Ernestivita. 2019. Analisis Karakteristik Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. 125-132.

Fauziyah. 2020. Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 5(2) 155-172.

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang). Maksimum, Vol. 1(No. 1), 1–15.

Hardilawati, Wan Laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika. Vol. 10(1) 89-98.

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Herawati, L., Dayal Gustopo, dan Prima Vitasari. 2020. Identifikasi Permasalahan Penjualan dengan Metode SWOT pada UKM Gula Merah. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri. Vol. 6(1) 17-20

Narto dan Gatot Basuki HM. 2020. Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di tengah Pandemi Covid-19 untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal Intech. Vol. 6(1) 48-54

Ningtyas, P. K., Sunarko, B., & Jaryono. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi ECommerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM 95–107.

Rukmana, Arief Yanto dan Tuntun Ariadi Sukanta. 2020. Analisis Strategi Bersaing dan Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di tengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Manajemen dan Akutansi. Vol. 12 (1) 37-53

Samsiana, S., Rahmadya T. H., Anita S. S. G., Irwan R., Fata N. K., Herawati, Maiumunah, dan Benrahman. 2020. Optimasi Penggunaan Android sebagai Peluang Usaha di Masa Pandemik Covid’19. Jurnal Abdimas UBJ. Vol. 3(2) 137-148

Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509.

Soetjipto, Noer. 2020. Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Yogyakarta: K-Media.

Sulaksono, Juli dan Nizar Zakaria. 2020. Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) desa Tales kabupaten Kediri. Generation Journal. Vol. 4 (1) 41-48

Sutinah, Bagong Suyanto, dan Ratna Azis P. 2020. Pemberdayaan Pelaku UMKM Merespon Pergeseran Karakteristik Konsumen di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat. Vol. 4(1) 202-207

Syaiful, Fahmi Fadlillah dan Elihami Elihami. 2020. Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah di tengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Nonformal. 343-359

Thaha, Abdurrahman Firdaus. 2020. Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. Vol. 2(1) 147-153

Wastutiningsih, Sri Peni dan Titis Puspita Dewi. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di era Revolusi Industri 4.0. Suluh Pembangunan. Vol. 1(2) 90-96

Widjajanti, Kesi. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol/ 12(1) 15-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats