HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DI RUMAH DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH PADA PAUD SAHABAT ANANDA PUNCAK PERMATA SENGKALING KABUPATEN MALANG

Ana Khusnul Khotimah, Sri Wahyuni, Edi Widianto

Abstract


Peran orangtua di rumah dapat membantu anak dalam melaksanakan tugas perkembangannya secara optimal khususnya dalam pembentukan karakter mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peran orangtua di rumah dengan kemandirian anak di sekolah pada PAUD Sahabat Ananda Puncak Permata Sengkaling Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, yaitu dengan responden sebanyak  28 orangtua PAUD Sahabat Ananda Puncak Permata Sengkaling Kabupaten Malang, dan 28 anak berusia 2-6 tahun di sekolah PAUD Sahabat Ananda Puncak Permata Sengkaling Kabupaten Malang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi rho spearman dan analisis regresi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa peran orangtua di rumah termasuk pada kategori sedang dengan persentase mencapai 57%, dan kemandirian anak di sekolah diperoleh 68% anak pada kategori baik. Hasil analisis korelasional menunjukkan bahwa ada hubungan antara peran orangtua di rumah dengan kemandirian anak disekolah yang ditunjukkan dengan rho empirik/hitung (0,804) ≥ rho tabel (0,377), setiap penambahan peran orangtua di rumah nilai kemandirian anak di sekolah bertambah sebesar 0,214

Keywords


Peran orangtua;kemandirian anak;PAUD Sahabat Ananda

References


Caplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Fadillah, M. & Khorida, L.M. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga: Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Istadi, I. 2002. Istimewakan Setiap Anak. Jakarta: Pustaka Inti.

Mardiana, A. 2014. Hubungan Pelaksanaan Kemandirian Anak dalam Keluarga dengan Pelaksanaan Kemandirian Anak di Sekolah Kelompok A PAUD Pertiwi 1 Kota Bengkulu, (Online), (http://repository.unib.ac.id/8773/), diakses 2 Desember 2016.

Mardiyaningsih, N. 2012. Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Metode Demonstrasi pada Kelompok A di TK Batik Magersari Mojo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali,(Online), (http://eprints.ums.ac.id/20083/), diakses 1 Maret 2017.

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, (Online), (http://dokumen.tips/documents/permen-58-tahun-2009-standar-pendidikan-anak-usia-dini.html), diakses 14 Desember 2016.

Santi, D. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Saputri, A.T. 2016. Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisplinan bagi Anak Usia Dini Siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto, (Online), (http://repository.iainpurwokerto.ac.id/307/), diakses 14 Desember 2016.

Setiati, D.R. 2015. Peran Pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Sikap Sosial dan Kemandirian Anak, (Online), (http://repository.upy.ac.id/349/), diakses 1 Maret 2017.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Online), (http://pendis.kemenag.go.id/pai/index.php?a=artikel&id2=uu), diakses 14 Desember 2016.

Wiyani, N.A. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v12i1p17-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats