EFEKTIFITAS POLA ON JOB TRAINING PADA DIKLAT TEMATIK TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA

Murdani Murdani

Abstract


Penelitian  ini dilakukan untuk    mengetahui  efektitas pola  OJT terhadap peningkatan kompetensi peserta Diklat Tematik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif diskriptif , metoda analisis data menggunakan analisis varian dan untuk membedakan perbedaan diantara kelompok menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pola OJT terhadap peningkatan kompetensi peserta di wilayah Kabupaten Propinsi Jawa Timur  secara rata – rata dan dikelompokkan berdasarkan wilayah  yaitu : Jawa Timur barat capaian efektifitas 90,06%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 107,04 %, Jawa timur timur capaian efektifitas 90,48%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 93,24%, Jawa timur  selatan capaian efektifitas 89,16%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 68,60 %, Jawa timur utara capaian efektifitas 88,35%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 71,93 %, Jawa timur  tengah  capaian efektifitas 92,75%  peningkatan kompetensi peserta  mencapai 91,81%. Bila dirangkingkan berdasarkan  Kabupaten pelaksana kegiatan  yaitu Kabupaten : Magetan, Mojokerto, Jember, Bondowoso, Malang, Sumenep, Jombang, Pacitan, Lumajang, Bojonegoro, Gresik, Madiun, Ngawi, Tuban, Ponorogo

Keywords


Pola;OJT;Tematik;Efektifitas;Kompetensi

References


Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian ,2016 . Pedoman Umum Penyiapan SDM pertanian dalam rangka Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu (GPPT), Jakarta.

Bloom, B.S. (1968/81). Learning For Mastery., (UCLA-CSEIP) The Evaluation Comment, 1(2). In B.S. Bloom (Ed) All Our Children Learning. London: McGraw-Hill. Dalam modul TOT Perancang pelatihan pemberdayaan masyarakat.

Carrol (1963), Brown (2002), Lawson (2006), Miller and Osinski (2002), Teori – teori pembelajaran dan desain instuksional, dalam Modul TOT Perancang Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat, Penerbit IGGRD dan DSF 2010.

T.Joni. 2016. Pembelajaran yang mendidik : Artikulasi konseptual, terapan kontekstual dan verifikasi empirik (2005). Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 12, No. 2, (http://www.malang.ac.id), diakses 12 Juni 2005.

Gagne’s Theory on Conditions of Learning, (2) Reigeluth’s Elaboration Model, (3) Collins’s Theory of Inquiry Teaching, (4) Keller’s ARCs Model of Motivation, (5) Mayers Cognitive Load Theory, (6) New Paradigms of Instructional Theory, dan (7) Bloom’s Model of Mastery Learning. Dua teori instruksional akan dideskripsikan, yakni: Bloom’s Model of Mastery Learning dan Gagne’s Theory on Conditions of Learning. dalam Modul TOT Perancang Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat, Penerbit IGGRD dan DSF 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v12i1p25-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats