Problematika Peranan Lurah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah Di Kelurahan Tobek Godang Kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru

Dewi Marfu'a

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana problematika peranan lurah sebagai motivator, fasilitator, dan mobilisator dalam pemberdayaan masyarakat melalui program bank sampah di Kelurahan Tobek Godang Kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa problematika peranan lurah dalam pemberdayaan masyarakat melalui program bank sampah dalam pemberian motivasi masih kurang efektif karena tidak dilakukan secara berkelanjutan dan tidak dapat merangkul seluruh masyarakat sehingga hanya sebagian masyarakat yang mengerti dan mengikuti program bank sampah di Kelurahan. Dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator, terdapat problematika yang ditemui yaitu pengalokasian dan transaksi keuangan bank sampah yang rendah berpengaruh terhadap jalannya kegiatan bank sampah. Kurangnya minat masyarakat mengikuti bank sampah menyebabkan turunnya transaksi keuangan yang ada. Adapun problematika peranan lurah sebagai mobilisator program bank sampah yaitu kesibukan dan keterbatasan waktu yang dimiliki lurah sehingga hanya memiliki sedikit kesempatan mengikuti kegiatan pemberdayaan.


Keywords


the problem of the role of the lurah, community empowerment, waste bank

Full Text:

PDF

References


Cuwendah, C. (2019). Peranan Lurah Dalam Melaksanakan Fungsi Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Situbatu Kecamatan Banjar Kota Banjar. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(4), 422-430.

Mahayana, W. (2013). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Di Desa Bumi Rapak Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1.

Kurniawati, D. P (2013). Pemberdayaan masyarakat di bidang usaha ekonomi (studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi public, 1(4), 9-14.

Mahayana, W. (2013). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Di Desa Bumi Rapak Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1.

Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai motivator dalam bahasa. Tadrib, 1(2), 204-222

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 tahun 2018 tentang Kecamatan.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A. S. (2014). Peran bank sampah dalam efektivitas pengelolaan sampah (studi kasus bank sampah Malang). Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 5(1), 71-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v17i2p97-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats