Asumsi Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy) Dalam Retorika Dakwah KH. Anwar Zahid

Bayu Adi Laksono, Ahmad Hamdan, Azka Waliyyan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memotret asumsi pendidikan orang dewasa (andragogy) dalam retorika dakwah KH. Anwar Zahid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten atau analisis isi. Bahan dokumentasi dalam penelitian ini adalah video ceramah dengan judul KH. Anwar Zahid Terbaru 2020 Live Kembangan Kebomas Kabupaten Gresik Jawa Timur dengan durasi 1 jam 59 menit yang diambil dari situs video berbagi Youtube. Total materi dakwah yang berkaitan dengan asumsi pendidikan orang dewasa (andragogy) sebanyak 24 materi yang terhimpun dalam tiga asumsi yakni kebutuhan untuk tahu, konsep diri, serta motivasi. Asumsi lainnya seperti peran pengalaman, kesiapan belajar, maupun orientasi belajar tidak muncul. Dari 24 materi dakwah yang terhimpun dalam tiga asumsi, yang paling banyak dikaji adalah asumsi yang berkaitan dengan konsep diri yakni sebanyak 10 materi dakwah, sedangkan materi dakwah yang berkaitan dengan asumsi kebutuhan untuk tahu sebanyak 7 materi, dan yang berkaitan dengan asumsi motivasi sebanyak 7 materi.

Keywords


Andragogy; Retorika Dakwah; Anwar Zahid

Full Text:

PDF

References


Amna, A. (2019). Otoritas Kyai Dari Panggung Dakwah: Studi terhadap Pengajian Anwar Zahid [Masters, UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42078/

Ashari, Z. (2021). Konsep Berwirausaha dengan Metode Dimensi Hablumminallah dan Dimensi Hablumminnas. Muslimpreneur : Jurnal Ekonomi Dan Kajian Keislaman, 1(2), 1–23.

Cahya, I. (2020, Januari 17). 5 Sisi Positif Lontaran Sarkasme Menurut Sains, Nampak Keras Namun Bermanfaat! Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/teknologi/5-sisi-positif-lontaran-sarkasme-menurut-sains-nampak-keras-namun-bermanfaat.html

Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=bLo-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Fitriyani, D. (2021, September 16). Profil dan Biografi KH Anwar Zahid Lengkap dengan Pendidikan, Pesantren, dan Aktivitas Dakwah. Rembang Bicara-Pikiran Rakyat Media Network. https://rembangbicara.pikiran-rakyat.com/dawuh/pr-1042607590/profil-dan-biografi-kh-anwar-zahid-lengkap-dengan-pendidikan-pesantren-dan-aktivitas-dakwah

Handoko, M. (2019). Peran Humor Dalam Meningkatkan Daya Tarik Ceramah Para Ustadz Di Majelis Taklim Al-Munajah Di Kecamatan Delitua [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/7220/

Hartree, A. (1984). Malcolm Knowles’ Theory of Andragogy: A Critique. International Journal of Lifelong Education, 3(3), 203–210. https://doi.org/10.1080/0260137840030304

Khiyaroh, I. (2018). Dakwah Ala Anwar Zahid: Menjinakkan Islam Normatif Menjadi Islam Lokal Yang Mengglobal: Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 81–89.

Knowles, M. S., Holton, E., & Swanson, R. (2005). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (6th). Elsevier.

Nidhom, A. M., Smaragdina, A. A., Putro, S. C., Wibawanto, S., Rachmawati, N. S. Y., & Rachmawati, R. (2019). Augmented Reality Berbasis Seamless Learning Dan Education 3.0 Untuk Peningkatan Kemampuan Andragogi Pendidik Se-Kabupaten Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 120–127.

Potu, J., Lengkong, V. P. K., & Trang, I. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33474

Sintiawati, N., & Fajarwati, S. R. (2019). Partisipasi Orang Dewasa Dalam Sebuah Pelatihan. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1(1), 26–30. https://doi.org/10.17509/ijace.v1i1.20005

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Non Formal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat dan Teori Pendukung, serta Asas. Falah Production.

Wahono, W., Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020, Mei 12). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Literasi Digital. Proceeding UM Surabaya, Article 0. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4877

Wibowo. (2013). Perilaku Dalam Organisasi. PT Raja Grafindo Persada.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1, 105–113. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660

Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144–1151. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.513




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v17i1p9-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats