HUBUNGAN POLA ASUH AYAH DENGAN PERILAKU DISIPLIN ANAK DI RA MUSLIMAT KOTA MALANG

Endah Rahmawati, Ellyn Sugeng Desyanty

Abstract


Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan terpenting. Peran orangtua bagi pendidikan anak memberikan dasar pendidikan, sikap, dan keterampilan dasar seperti pendidikan agama, budi pekerti, sopan santun, estetika, kasih sayang, rasa aman, dasar-dasar untuk mematuhi peraturan dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan. Ayah adalah kepala keluarga yang bertanggung jawab dalam pendidikan anak. Pola asuh meruapakan keseluruhan interaksi antara orangtua dengan anak dimana orangtua menstimulusi anaknya dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan serta nilai-nilai yang dianggap paling tepat menurut orangtua agar anak dapat mandiri, tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal

Keywords


keluarga; peran ayah; perilaku disiplin

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dariyo, Agoes. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga

Santrock. John W. 2007. Perkembangan Anak. Surabaya: Erlangga

Shochib, Moh. 1998. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono. 2011. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sujiono, Yuliani Nuraini, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uyoh, Sadulloh. 2010. Pendagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v11i1p46-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats