Implementasi Experiental Learning Untuk Mengembangkan Kompetensi Kepemimpinan Peserta Didik Di Provider Outbound Scarf Pasuruan

Muhammad Ismail Sholeh, Widodo Widodo, Soedjarwo Soedjarwo

Abstract


Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari dunia pendidikan. Pentingnya penguatan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan tentunya diharapkan mampu mengatasi kerusakan moral remaja yang sampai saat ini masih terjadi di beberapa daerah. Pentingnya pendidikan karakter juga telah menjadi filosofi pendidikan nasional yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Penguatan pendidikan karakter khususnya kepemimpinan, selain bisa dilakukan dalam lingkup pendidikan formal, juga bisa dilakukan dalam lingkup pendidikan non formal melalui outbound training. Outbound training ialah suatu program pelatihan di alam terbuka dengan menjalankan prinsip experiental learning atau belajar melalui pengalaman langsung yang disajikan dalam bentuk permainan, diskusi, simulasi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model implementasi experiental learning untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan peserta didik di provider outbound scarf, Pasuruan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi partisipan dan wawaancara mendalam. Tahap analisis data dilakukan dengan koleksi data, reduksi data, display data, verifikasi data dan simpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas. Member check, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferbilitas. Hasil penelitian menunjukan proses dalam melakukan implementasi experiental learning melalui outbound training yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, terdapat empat sesi yang dilakukan, yaitu sesi pengenalan diri, sesi penguatan potensi diri, sesi pengukuhan pengalaman dan sesi tindak lanjut.


Keywords


Experiental Learning;Outbound Training;Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Nurlaily, Sri dan Ulfia. 2019. Metode Permainan Outbound dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Anak. Vol. 2(1) 118-131

Fauzan dan Agnes Anggraini. 2018. Hubungan Antara Metode Outbound Training dengan Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas V di SD Sekolah Alam Bintaro. Vol. 5(1) 53-68

Lewar, Emanuel dan Hendra Jondry. 2021. Pengaruh Olahraga Outbound, Kepemimpinan dan Motivasi Dalam Pembelajaran Olahraga Rekreasi. Vol. 4(1)

Herlinda, Hidayat dan Djumena. 2017. Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Vol. 1(1) 1-9

Sulkifly dan Siti Nurkia. 2020. Penerapan Teknik Outbound untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Siswa. Vol. 12 (2) 91-103

Ismira. Wulan Sukandar dkk. 2022. Penguatan Karakter Kinerja Kepemimpinan Siswa SMA Negeri 1 Priangan Kabupaten Tanah Datar. Vol. 2(1)

Khoirina, Rafika dan Fandi Akhmad. 2021. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral Remaja di Era Globalisasi.

Putra, Irwansyah Muhammad, Deni Kurniawan dan Neliwati. 2022. Manajemen Kepemimpinan Siswa di Madrasah Aliyah. Vol. 4(1) 1426-1434

Novianti, Beata. Khairul Bariyah dan Devi Permatasari. 2019. Pengaruh Experiental Learning Terhadap Interaksi Sosial Siswa. Vol. 3 413-417

Nurlaily, Sri dan Ulfia Ahsanti. 2019. Metode Permainan Outbound Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian. Vol. 2(1) 118-131

Agusta, Akhmad Riandy. Punaji dan Cholis Sa’dijah. 2018. Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Vol. 3(4) 453-459

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Kepemimpinan : Teori dan Aplikasi. Bandung. Alfabeta

Rivai, Veithzak. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Lali, Risqi Nur dan Zeni Hafidotun Nisak. 2022. Peningkatan Self Leadership Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Experiental Learning. Vol. 2(1) 63-71

Anugrahmanto, R. Berkah dan Sri Nurhayati. 2020.Implementasi Pembelajaran Experiental Learning Pendekatan Pelatihan Pengembangan Karakter PNS di Kementerian Lingkungan Transportasi. Vol. 9(2)

Anggreni. 2017. Experiental Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami. Vol. 1(2)

Rudianto, Diky dkk. 2021. Aksiologi Kepemimpinan dalam Outbound di Kabupaten Tulungagung. Vol. 1(1)

Setiawati, Nanda Ayu. 2021. Penerapan Metode Outbound pada Sekolah Alam untuk Menciptakan Pembentukan Leadership. Vol. 3(2)

Akmaluddin. 2019. Latihan Dasar Kepemimpinan pada Remaja dan Pemuda Sekota Banda Aceh dan Sekitarnya. Vol. 1(2)

Khodijah, Rahmawati. 2020. Pelatihan Manajemen Kepemimpinan (Leadership) dalam Berorganisasi. Vol. 1(1)

Fahmi, Agus dkk. 2021. Lokakarya Dasar Kepemimpinan Pribadi untuk Siswa. Vol. 1(1) 13-16

Adinugraha, Hendri Hermawan. 2021. Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin dan Kreatif. Vol. 6(1)

Widodo dkk. 2016. Analysis of Non-Formal Education Leadership. Vol. 88

Yildiz, Kadir. 2022. Experiental Learning form the Perspective of Outdoor Education Leaders.

Varman, Sumantla D, dkk. 2021. Experiental Learning Interventions and Healthy Eating Outcomes in Children : A Systematic Literature Review.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v18i1p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats