Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Pengelolaan Pendidikan Nonformal di Kota Yogyakarta

Entoh Tohani, RB. Suharta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemitraan yang dilakukan oleh PKBM dalam pengelolaan pendidikan nonformal di Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemitraan sangat penting dilakukan sebagai suatu fungsi pengelolaan lembaga untuk mendapatkan sumber daya dari luar lembaga yang mendukung keberhasilan pencapaian tujuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey eksploratori. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup secara online dengan google form yang disebarkan kepada 28 pengelola PKBM yang melaksanakan kemitraan selama 5 tahun terakhir. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan kategori jawaban, mencari presentasi tanggapan dan menginterprestasikan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam lima tahun terakhir PKBM melakukan kemitraan dengan baik dengan lembaga-lembaga terkait dalam rangka melaksanakan kegiatan pendidikan nonformal walau masih perlu dioptimalkan baik dalam bentuk, cara, dan hasil kemitraan. Oleh karena itu, kemampuan menjalin kemitraan perlu dioptimalkan oleh pengelola PKBM dengan menyelenggarakan upaya pengembangan berkelanjutan.


Keywords


Kemitraan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, pengelolaan, pendidikan nonformal

Full Text:

PDF

References


Adiyanta, F.C. Susila. 2019. Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Adminitrative Law & Governance Journal. https://10.14710/alj.v2i4.697-709

Anderson, L. N. (2019). Teaching the introductory public relations course: Pedagogical recommendations. Journal of Communication Pedagogy, 2, 58-62. https://doi.org/10.31446/JCP.2019.13

Bresnen, M., Marshall, N. (2000). “Building Partnerships: Case Studies of Client-Contractor Collaboration in the UK”. Construction Management Economic, Vol. 18, 819-832.

CII Products Online, 2006, Craft Labor Productivity, viewed 15 November 2020, htpp://www.construction-institute.org

Crowley, L.G, dan Karim, A. 1995. Conceptual Model of Partnering. Journal of Management in Engineering, Vol 11, No. 5: 33-39

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Jularlark, S., Chatwattana, P. & Piriyasurawong, P. (2022). Information system for public relations via mobile application using in-depth user experience according to education experts. World Journal on Educational Technology: Current Issues. 14(3), 579-591. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i3.7197

Kamil, M. (2006). Strategi Kemitraan Dalam Membangun Pnf Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Departemen Pendidikan Nasional Badan Peneliti Dan Pengembangan. Bandung.

National Charter School Resource Center (2021). How Charter Schools Can Leverage Community Assets through Partnerships. Bethesda, MD: Manhattan Strategy Group.

N. Suarjana, N. D. & I. N. N. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Kecamatan Gerogkak Kabupaten Buleleng. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasa, 5.

Nurhayati, S., Musa, S., Boriboon, G., Nuraeni, R., & Putri, S. (2021). Community Learning Center Efforts to Improve Information Literacy in the Community for Cyber Crime Prevention during a Pandemic. Journal of Nonformal Education, 7(1), 32-38. doi:https://doi.org/10.15294/jne.v7i1.26883

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133.

Purba, E. A. (2008). Analisis Penerapan Strategi Kemitraan Terhadap Kinerja Perusahaan Biro Teknik Listrik (Studi Empiris papda hubungan PT. PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY Area Pelayanan dan Jaringan Semarang dengan Perusahaan Biro Teknik Listrik (BTL) di Wilayah Kerja A. Jurnal Bisnis Strategi, 17.

Raharjo, T. W. (2018). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Kemitraan Usaha UMKM, Koperasi dan Korporasi. CV. Jakad Pubhlising.

Rahma, R., Zulkarnain, Z., Desyanty, E., & Wahyuni, S. (2019). The Role of Community Learning Center (CLC) in Providing Nonformal Education Services Based on Entrepreneurship. Journal of Nonformal Education, 5(2), 109-116. doi:https://doi.org/10.15294/jne.v5i2.19759

Rizka, M.A., & Suharyani. 2015. Pola Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bagi Keberlanjutan Program Pendidikan Non-Formal. Jurnal Kependidikan 14 (3); Hal 239-249.s

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV Alfabeta.

Tennyson, R. (2003). Managing partnership - Tool for mociling public sector, business and society as partner in development. London: The Institution Business Leader Forum.

Tohani, Entoh. (2009). Strategi Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Hasil Penelitian. Jurusan PLS FIP UNY.

Tohani, Entoh. (2009). Evaluation of The Community Learning Centers (CLCs) as Agency of Community Development in Bantul, Province of The Special Region of Yogyakarta.

Tohani, E., & Aulia, I. (2022). Effects of 21st Century Learning on the Development of Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration Skills. Journal of Nonformal Education, 8(1), 46-53. doi:https://doi.org/10.15294/jne.v8i1.33334

Wetzstein, Lia; Yeh, Theresa Ling, (2019). Transfer Partnerships: The Importance of a Culture of Collaboration. Washingtong: Community College Research Initiatives, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v18i1p45-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats