Analisis Implementasi Program Pendidikan Nonformal Untuk Anak Negeri di Sanggar Alang-Alang Surabaya

Nurul Yani, Sjafiatul Mardliyah, Rivo Nugroho

Abstract


Pendidikan Nonformal merupakan Pendidikan yang berbasis kebutuhan dan disesuaikan dengan kebutuhan khusus anak jalanan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis status penyelenggaraan Pendidikan nonformal pada anak jalanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kualitatif untuk memeperoleh data yang lebih spesifik dan rinci mengenai Pendidikan nonformal bagi anak di Sanggal Alang-Alang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, penyajian, data dan penarik kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa proses pendidikan dibawah marginal atau anak jalanan berlangsung di jalanan, karena pendidikan nonformal disesuaikan secara fleksibel dengan situasi anak jalanan itu sendiri dan disesuaikan dengan kontrak belajar yang disepakati. Hal ini dikarenakan anak jalanan sendiri mempunyai kesibukan sehingga pemateri dapat menyikapi situasi anak jalanan sesuai dengan kebutuhanua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan nonformal pada Sanggar Alang-Alang menunjukkan hasil yang baik, terlihat dari awal penyelenggaraan program pendidikan nonformal mencakup 10 unsur tolak ukur pendidikan masyarakat. penyusunan program disesuaikan dengan kebutuhan, bakat, dan minat masyarakat belajar. Metode pembelejaranya main-main, tetapi juga melalui praktik dan sosialisasi langsung.

Keywords


Sanggar Alang-Alang, Anak Jalanan, Pendidikan Non Formal

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Mustika. 2018. “PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELLUI METODE PEMBIASAAN.” Jurnal Kependidikan 12: 2.

Andi Aysha Zalika Ardita Putri. 2022. “Permasalahan Anak Jalanan Di Surabaya (Studi Eksploratif Eksploitasi Anak Jalanan Di Surabaya).” Journal of Social Studies and Humaniora 1: 1

Asmani. 2002. Diva Press Kiat Mengembangkan Bakat Anak Di Sekolah. Yogyakarta.

Baruwadi, Darwin. 2012. “Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup Dalam Peningkatan Kemandirian Pemuda.” jurnal Pendidikan Luas Sekolah 8: 1.

Connal, Criana, Sauvageot, Claude, Sachs-Israël, Margarete. 2005. NFE-MIS Handbook: Developing a Sub-National Non-Formal Education Management Information System.

Fadilah, Maulina Mifta. 2013. “PERANAN SANGGAR ALANG-ALANG SURABAYA DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 1: 1

Jalal, F. 2004. “Jalal, F. (2004). Isu Strategis Pendidikan: Pendidikan Untuk Semua Dan Kesepakatan Dakkar.Disampaikan Pada Capacity Building Bagi Calon Anggota DPR-RI Dan DPD Perempuan Periode 2004-2009 Yang Diselengarakan Oleh DPR-RIpada Tanggal 04 Agustus 2004 Di Jakar.”

Kartini, T, and R Rusman. 2019. “Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud.” Diklus; Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2: 74–86.

Lloyd V. Pahilanga, Loren, Joel M. Bual, and Dennis V. Madrigal. 2023. “Life Skills of Filipino Emerging Adults of a Catholic Higher Education Institution in Central Philippines.” Indonesian Journal O Educational Research and Review 6. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i1.59582.

Masdin, Masdin. 2018. “ANAK JALANAN DI KOTA KENDARI MENUJU KOTA LAYAK ANAK.” Al-Izzah Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 12: 100. https://doi.org/10.31332/ai.v12i2.643.

Maulidya, Yuri, and Lina Miftahul Jannah. 2023. “Intervention of Public Policy on Behavior Change of Street Children in Indonesia.” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik 13. https://doi.org/10.26858/jiap.v13i1.48502.

Melindra, Yoti, and Irmawati Irmawati. 2020. “Documentation Study of Street Children by Social Office of Padang City.” jurnal Pendidikan Luas Sekolah 8.

Moleong. 2017. PT. Remaja Rosdakarya Journal of Social Studies and Humaniora.

Mustangin, and Wahyu Fauzan Akbar, Muhammad Novita Sari. 2021. “Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan.” International Journal of Community Service Learning 5.

Puruhita Dani, Rina, Mundzir Mundzir, and Hardika Hardika. 2018. “Pendidikan Luar Sekolah Dalam Perspektif Purna Tenaga Kerja Indonesia (Studi Fenomenologi Di Pagelaran Malang).” Jurnal Pendidikan Nonformal 10.

Riyanto, Yatim, and Trenda A. 2015. “Metodologi Penelitan Kualitatif Dan Kuantitatf.” Unesa University Press.

S. Bondoso, Enna. 2023. “Surviving Street Life: A Phenomenological Study on Street Children.” journal of Namibian Studies: Histpry Politics Culture 34: 5572–87.

Shariff, Khadija, Devotha Festo Mlay, and Samuel Otieno Owino. 2024. “Generating Evidence from Life Skills Assessments to Inform Policy in East Africa.” The Contextualisation of 21st Century Skills. The Enabling Power of Assessment. https://doi.org/10.1007/978-3-031-51490-6_2.

Soetji Andari. 2013. “Solidaritas Sebagai Strategi Survival Anak Jalanan: Study Kasus Di Lempuyangan Yogyakarta.” Child Poverty and Social Protection Conference.

Sosial Kementerian. 2012. “Peraturan Menteri Sosial Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendataan Dan Pengelolaan Data Penyayang Masalah Kesejahteraan Sosial Dan Potensi Dan Sumber Kesejahteraan Sosial.” : 8.

Stephens, K. 2004. “Creative Ways to Lead Kids to Reading and Writing. Parenting Exchange. Diambil Dari (Online).” Parenting Exchange. Diambil dari (Online). http://www.oh-pin.org/articles/pex-06- creative-ways-to-lead-kid.pdf.

Sugiyono. 2013. “Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” ALFABETA.

———. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sylva Alkornia. 2018. “Persepsi Orang Tua Mengenai Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Untuk Anak Usia Dini.” Prosiding ICECRS 1: 3.

Ulfah, Ulfah, and Opan Arifudin. 2022. “PERAN GURU DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT PESERTA DIDIK.” Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam , Manajmeen dan Pendidikan 3: 1.

Wibawa Budi. 2021. “Problem Etika Dalam Kasus Dokumenter Jagal (2012) Dan Senyap (2014).” Imaji 12: 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v19i12024p44-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats