Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Android Pada Pelatihan TIK di BLK Sambas

Utari Hesti Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain pengembangan E-book interaktif berbasis android pada pelatihan TIK dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, mendeskripsikan profil E-book interaktif yang dibuat dengan aplikasi Lectoraspire , mengetahui respon peserta pelatihan setelah menggunakan E-book interaktif dan mengetahui perbedaan respon terhadap penggunaan antara peserta wanita dan pria. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau “Research and Development (R&D)”. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta pelatihan TIK di BLK Sambas. Sumber data diperoleh dari studi literatur, analisis dokumen, wawancara dan angket. Hasi analisis data penelitian menunjukkan bahwa E-book interaktif berbasis android pada pelatihan TIK di BLK Sambas sangat layak untuk diujicobakan kepada peserta pelatihan. E-book interaktif memuat multimedia dan fitur interaktif yang dapat diakses melalui smartphone android. Hasil respon peserta pelatihan terhadap penggunaan E-book interaktif menunjukkan respon positif dalam kategori menengah yaitu 68% (n=36). Hasil analisis data pada respon peserta wanita (3,70) sedikit lebih tinggi dibandingkan pria (3,20), artinya, peserta pelatihan pria maupun wanita memiliki respon yang relatif sama terhadap penggunaan E-book interaktif.

Kata kunci : E-Book interaktif, Pelatihan, BLK, Gender. 


Keywords


E-book, Pelatihan, BLK, Gender

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v19i22024p69-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats