ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL

Dewi Safitri Elsap

Abstract


Abstract : The problem discussed in this study is to talk about non-formal learning in the guidance of learning in order to develop the character and motivation of children's learning. The purpose of this research are: (1) The learning process held during the implementation of the guidance program of learning, (2) The result of character development and motivation of children obtained by the child during the study guidance. Respondents of this research are 15 children of elementary school students. The method used in this research is descriptive method with qualitative research technique. The data collection tool used observation, interview, and documentation. The results of this study found that: 1) The learning process held during the implementation of the tutoring program can help foster the character and motivation of students; 2) Motivation results obtained by the child after following the tutoring activities increased.

Abstrak : Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai pembelajaran non formal di bimbingan belajar dalam rangka mengembangkan karakter dan motivasi belajar anak. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Proses pembelajaran yang diselenggarakan selama pelaksanaan program bimbingan belajar ;(2) Hasil perkembangan karakter dan motivasi anak yang diperoleh oleh anak selama menempuh bimbingan belajar. Responden penelitian ini adalah 15  orang anak siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik penelitian kualitatif. Alat pengumpul data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pembelajaran yang diselenggarakan selama pelaksanaan program bimbingan belajar dapat membantu menumbuhkan karakter dan motivasi siswa; (2) Hasil motivasi yang diperoleh anak  setelah mengikuti kegiatan bimbingan belajar meningkat.


Keywords


Karakter;Motivasi;Bimbingan Belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, D.F.N., Hanurawan, F.,& Hariyono. (2016). Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Anak Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Blitar). Jurnal Pendidikan, 1(9), 1875-1879.

Eriany, P., Hernawati, L.,& Goeritno, H. (2014). Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar Pada Siswa SMP di Semarang. Psikodimensia, 13(1),115 – 130.

Kurniawan, D., & Komar, O. (2015). Proses Pembelajaran Program Pkm Bidang Tata Kecantikan Rambut Bagi Kemandirian Berwirausaha Warga Belajar (Study Deskriptif Pada Program PKM Tahun 2014 di UPTD SKB Kab. Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Non Formal dan Informal, 7(2), 1-12.

Meriyati. (2016). Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Harakat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1), 48-61.

Pertiwi, D. (2014). Pola Pengasuhan Untuk Mengembangkan Karakter Anak (Studi Kasus Di Yayasan Tunas Rajawali Kota Semarang). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 3(1), 17-29.

Rahmawati, E., Hardika., & Sopingi. (2016). Tanggapan Peserta Pelatihan Tentang Pelaksanaan Pelatihan Information Technology Dasar . Jurnal Pendidikan Nonformal, 10( 2), 123-138

Ormrod, J.E. (2002). Psikologi Pendidikan, Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 2. Alih bahasa Amitya Kumara. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sariningsih, R.,& Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4 (1), 163-177.

Sudjana,N. (2005). Strategi pembelajaran. Bandung: Fallah S

Schunk, D.H., Pintrich, P.R. & Meece, J.L. (Ed). 2012. Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Schoeman, Ferdinan. 2010. Emotions, Responsibility and Character. Cambridge Books Online. ebooks.cambridge.org. diunduh tanggal 11 Desember 2017 pukul 06.52 WIB.

Undang-Undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 26 ayat (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v13i2p85-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats