PENINGKATAN PEMAHAMAN SOAL HOTS SESUDAH MENEMPUH DAN SESUDAH PRAKTIK MATA KULIAH PEDAGOGIK MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Dicky Lutfi Makhfudzi; Sutrisno; Isnandar

Abstract


Abstrak:Keberadaan soal HOTS sangat penting sebagai salah satu alat mencapai tujuan pendidikan nasional. Namun demikian sebagian guru masih ada kendala dalam membuat soal HOTS. Mahasiswa calon guru secara bertahap disiapkan untuk mampu membuat soal HOTS yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan peningkatan pemahaman soal HOTS mahasiswa sebelum, sesudah menempuh mata kuliah pedagogic, dan sesudah praktik lapangan mata kuliah pedagogik. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan oneway anova danuji scheffe dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman soal HOTS mahasiswa sebelum menempuh mata kuliah pedagogik sebesar 27,52 berada pada kategori kurang, sesudah menempuh mata kuliah pedagogik pemahaman mahasiswa sebesar 32,78 berada pada kategori cukup, dan sesudah menempuh praktik lapangan mata kuliah pedagogik pemahaman mahasiswa sebesar 49,52 pada kriteria baik. Terjadi peningkatan pemahaman soal HOTS mahasiswa secara signifikan setelah melaksanakan praktik lapangan mata kuliah pedagogic. Keikutsertaan kuliah teori pedagogic saja belum mampu meningkatkan pemahaman soal HOTS mahasiswa secara signifikan. Kata-kata kunci: pemahaman, soal hots, pedagogic. Abstract: The existence of HOTS questions is very important as one of the tools to achieve national education goals. However, some teachers still have obstacles in making HOTS questions. Teacher candidates are gradually prepared to be able to make good HOTS questions. This study aims to determine the stages and increase students’ understanding of HOTS before, after taking pedagogic courses, and after field practice of pedagogic courses. The analysis technique in this study is comparative descriptive with oneway anova and scheffe test with a significance level of 0.05. The results of thestudy showed that the understanding of HOTS problems of students before taking the pedagogic course was 27.52 in the poor category, after taking the pedagogic course the student understanding of 32.78 was in the sufficient category, and after taking the field practice of the pedagogical course the student understanding was 49.52 in the good criterion. There was a significant increase in students’ understanding of HOTS after carrying out field practice of pedagogic courses. Participation in pedagogic theory lectures alone has not been able to significantly improve students’ understanding of HOTS. Keywords: understanding, hots, pedagogic

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v29i12024p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats