PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SMKN 5 MAKASSAR
Abstract
pelajaran Gambar Teknik di SMKN 5 Makassar. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Sampel terdiri dari 56 siswa kelas X yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan angket yang
telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh signifikan
terhadap hasil belajar, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,836 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,725. Ini
berarti motivasi belajar berkontribusi sebesar 72,5 persen terhadap variasi hasil belajar, sementara 27,5 persen
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model regresi. Hasil ini menegaskan bahwa motivasi dalam
mempelajari suatu mata pelajaran (khususnya Gambar Teknik) sangat berpengaruh pada nilai akhir siswa, menjamin
tercapainya hasil belajar yang tinggi.
Full Text:
PDFReferences
De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin.
McKenzie, H., Boughton, M., Hayes, L., & Forsyth, S. (2008). Explaining the complexities and value of
nursing practice and knowledge. In I. Morley & M. Crouch (Eds.), Knowledge as value: Illumination
through critical prisms (pp. 209-224). Amsterdam, Netherlands: Rodopi.
Putra, E. M., Handarini, D. M., & Muslihati, M. (2019). Keefektifan achievement motivation training untuk
meningkatkan motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan
Konseling, 4(2), 62-68.
Scheinin, P. (2009). Using student assessment to improve teaching and educational policy. In M. O'Keefe, E.
Webb, & K. Hoad (Eds.), Assessment and student learning: Collecting, interpreting and using data to
inform teaching (pp. 12-14). Melbourne, Australia: Australian Council for Educational Research.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v29i22024p92-99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.