PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT SOAL PILIHAN GANDA BERBASIS STIMULUS DAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BAGI GURU SMK
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abosalem, Y. (2016). Assessment Techniques and Students’ Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education, 4(1): 1-11. Doi: http://10.11648/j.ijsedu.20160401.11
Ali, A., Arif, W.P., Ichsan, I.Z., Sigit, D.V., Darussyamsu, R., Dasmo, D., Nurfadhilah, N., Fachrial, N.F.H. (2021). Kemampuan Dosen dalam Membuat Soal HOTS pada Pembelajaran Abad 21, JEP, 5(2): 211-218. Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/590
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: a Revision of Bloom’s Taxonomy. (Online) (http://www. kurwongbss. qld.edu.au/ thinking/ Bloom/blooms.¬htm).
Bronk, R. (2009). Bloom's Taxonomy. (Online) (http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/index. php?title = Bloom¬%27s_Taxonomy&oldid=62298).
Carina, A., Sutrisno, S., & Mujiyono, M. (2014). Tingkat Ranah dan Kualitas Soal yang Dibuat oleh Guru SMK Swasta. Teknologi dan Kejuruan, 37(2): 145–152. http://journal2.um.ac.id-/index.php¬/teknologi-kejuruan/
Ensiklopedia. (2024). Wikipedia bahasa Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/¬Stimu¬lus¬_¬(psikologi).
Haryati, M. (2020). Analisis soal UN Biologi SMA/MA Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif, Karakteristik HOTS, dan Bentuk Stimulus. Jurnal Education and Development, 8(2): 91-96. https://¬journal.¬ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1634
KBBI. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/stimulus.
Maghviroh, L. & Sutrisno, S. (2016). Analisis Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK. Teknologi dan Kejuruan, 39(1): 21-32. http://journal2.um.ac.id¬/index.¬php/¬teknologi-¬kejuruan/
Mardapi, D. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Parama.
Ningsih, D.L., Marpaung, R.R.T, & Yolida, B. (2018). Analisis soal ujian nasional biologi sekolah menengah atas. Jurnal Bioterdidik, 6(6): 1-10. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php¬/JBT/-article/view/¬16954/¬12088.
Nurfadillah, N., Muis, A.A, Khaisyurahman, A. & Sapitri, E. (2024). Education, Society and Humanity, 2 (1): 1268-1274. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh.
Setiarani, R. & Alam, I.A. (2024).The Influence Of Education And Training On Teacher Performance At Global Islamic High School Surya Bandar Lampung, International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 3(5): 543-558. https://ejournal.citakonsultindo.or.id/-index.php/IJEBIR¬/article/view/1126
Sutrisno, S., Winahyo, A.E., & Rahardjo, B. (2021). The Effect of Teachers' Training, Areas of Expertise, and Education Type on the Achievement of Multiple-choice HOTS Questions in Vocational High School. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 44 (2): 153-161. http://journal2.¬um.ac.id¬/index.php¬/teknologi-kejuruan/article/view/24947/10137.
Sutrisno, S., Wulandari, F.F, Winahyo, A.E & Wena, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan dalam Membuat Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS, Jurnal Bangunan, 29(1): 1-10. https://journal2.um.ac.id/index.php/bangunan/article/view/53332/13122
Suwarga G., Rahman T., Bintarti, S. (2024).The Influence of Education and Training and Compensation on Teacher Performance Mediated by Loyalty, Journal of Research in Science Education, 10(Special Issue): 286-295. DOI: 10.29303/jppipa.v10iSpecialIssue.8520.
Suwarga, G. & Resmiati, A.R. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru, Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2): 2583-2596. DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.635.
Thompson, T. (2008). Mathematics Teachers’ Interpretation Of Higher-Order Thinking In Bloom’s Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education. 3(2): 96 –111. https://-www.iejme.com/download/mathematics-teachers-interpretation-of-higher-order-thinking-in-blooms-taxonomy.pdf
TPT (Agustus 2023). Tingkat Pengangguran Terbuka Jawa Timur pada Agustus 2023 sebesar 4,88 persen. https://jatim.bps.go.id/pressrelease/2023/11/06/1379/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--jawa-timur-pada-agustus-2023-sebesar-4-88-persen.html.
Widarta, F.O. & Artika, W. (2021). Analisis Bentuk Stimulus, Dimensi Kognitif, dan Karakteristik HOTS pada Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran IPA Karya Guru, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(3): 197-208. DOI: http://10.24815/jipi.v5i3.21429
Wijaya, C.O., Yulianti, D, & Herpratiwi, H. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1): 231- 237. DOI: https://doi.org¬/10.34005¬/akademika.v12i01.2706
William, W. & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest, Jurnal SIFO Mikroskil 20(1): 71-80. DOI: https://doi.org¬/10.55601/jsm.v20i1.650.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v29i22024p123-130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.