PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT SOAL PILIHAN GANDA BERBASIS STIMULUS DAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BAGI GURU SMK

Sutrisno Sutrisno, Fadila Fitria Wulandari, Antelas Eka Winahyo, Made Wena

Abstract


Rendahnya penyerapan lulusan SMK di lapangan pekerjaan kemungkinan sebagai akibat dari relevansi pendidikan dalam kemampuan memecahkan masalah. Akar dari kemampuan pemecahan masalah adalah ketrampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Peningkatan HOTS dapat dilakukan melalui penerapan soal ujian HOTS. Penerapan ujian ini dapat dilakukan bila guru telah mempunyai kemampuan yang baik dalam membuat soal HOTS. Karena kemampuan guru dalam membuat soal HOTS belum baik, maka diperlukan adanya peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam membuat stimulus dan soal pilihan ganda HOTS setelah penerapan model gabungan sharing, praktik, tutorial, dan presentasi hasil. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen one group pretes-postes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebelum dan sesudah penerapan model. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan guru dalam membuat stimulus sebesar 27,57 persen dan signifikan, serta peningkatan kemampuan guru dalam membuat soal pilihan ganda HOTS sebesar 33,34 persen dan signifikan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model gabungan sharing, praktik, tutorial, dan presentasi hasil dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat soal pilihan ganda berbasis HOTS secara signifikan.

Full Text:

PDF

References


Abosalem, Y. (2016). Assessment Techniques and Students’ Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education, 4(1): 1-11. Doi: http://10.11648/j.ijsedu.20160401.11

Ali, A., Arif, W.P., Ichsan, I.Z., Sigit, D.V., Darussyamsu, R., Dasmo, D., Nurfadhilah, N., Fachrial, N.F.H. (2021). Kemampuan Dosen dalam Membuat Soal HOTS pada Pembelajaran Abad 21, JEP, 5(2): 211-218. Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/590

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: a Revision of Bloom’s Taxonomy. (Online) (http://www. kurwongbss. qld.edu.au/ thinking/ Bloom/blooms.¬htm).

Bronk, R. (2009). Bloom's Taxonomy. (Online) (http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/index. php?title = Bloom¬%27s_Taxonomy&oldid=62298).

Carina, A., Sutrisno, S., & Mujiyono, M. (2014). Tingkat Ranah dan Kualitas Soal yang Dibuat oleh Guru SMK Swasta. Teknologi dan Kejuruan, 37(2): 145–152. http://journal2.um.ac.id-/index.php¬/teknologi-kejuruan/

Ensiklopedia. (2024). Wikipedia bahasa Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/¬Stimu¬lus¬_¬(psikologi).

Haryati, M. (2020). Analisis soal UN Biologi SMA/MA Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif, Karakteristik HOTS, dan Bentuk Stimulus. Jurnal Education and Development, 8(2): 91-96. https://¬journal.¬ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1634

KBBI. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/stimulus.

Maghviroh, L. & Sutrisno, S. (2016). Analisis Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK. Teknologi dan Kejuruan, 39(1): 21-32. http://journal2.um.ac.id¬/index.¬php/¬teknologi-¬kejuruan/

Mardapi, D. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Parama.

Ningsih, D.L., Marpaung, R.R.T, & Yolida, B. (2018). Analisis soal ujian nasional biologi sekolah menengah atas. Jurnal Bioterdidik, 6(6): 1-10. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php¬/JBT/-article/view/¬16954/¬12088.

Nurfadillah, N., Muis, A.A, Khaisyurahman, A. & Sapitri, E. (2024). Education, Society and Humanity, 2 (1): 1268-1274. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh.

Setiarani, R. & Alam, I.A. (2024).The Influence Of Education And Training On Teacher Performance At Global Islamic High School Surya Bandar Lampung, International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 3(5): 543-558. https://ejournal.citakonsultindo.or.id/-index.php/IJEBIR¬/article/view/1126

Sutrisno, S., Winahyo, A.E., & Rahardjo, B. (2021). The Effect of Teachers' Training, Areas of Expertise, and Education Type on the Achievement of Multiple-choice HOTS Questions in Vocational High School. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 44 (2): 153-161. http://journal2.¬um.ac.id¬/index.php¬/teknologi-kejuruan/article/view/24947/10137.

Sutrisno, S., Wulandari, F.F, Winahyo, A.E & Wena, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan dalam Membuat Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS, Jurnal Bangunan, 29(1): 1-10. https://journal2.um.ac.id/index.php/bangunan/article/view/53332/13122

Suwarga G., Rahman T., Bintarti, S. (2024).The Influence of Education and Training and Compensation on Teacher Performance Mediated by Loyalty, Journal of Research in Science Education, 10(Special Issue): 286-295. DOI: 10.29303/jppipa.v10iSpecialIssue.8520.

Suwarga, G. & Resmiati, A.R. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru, Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2): 2583-2596. DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.635.

Thompson, T. (2008). Mathematics Teachers’ Interpretation Of Higher-Order Thinking In Bloom’s Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education. 3(2): 96 –111. https://-www.iejme.com/download/mathematics-teachers-interpretation-of-higher-order-thinking-in-blooms-taxonomy.pdf

TPT (Agustus 2023). Tingkat Pengangguran Terbuka Jawa Timur pada Agustus 2023 sebesar 4,88 persen. https://jatim.bps.go.id/pressrelease/2023/11/06/1379/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--jawa-timur-pada-agustus-2023-sebesar-4-88-persen.html.

Widarta, F.O. & Artika, W. (2021). Analisis Bentuk Stimulus, Dimensi Kognitif, dan Karakteristik HOTS pada Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran IPA Karya Guru, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(3): 197-208. DOI: http://10.24815/jipi.v5i3.21429

Wijaya, C.O., Yulianti, D, & Herpratiwi, H. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1): 231- 237. DOI: https://doi.org¬/10.34005¬/akademika.v12i01.2706

William, W. & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest, Jurnal SIFO Mikroskil 20(1): 71-80. DOI: https://doi.org¬/10.55601/jsm.v20i1.650.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v29i22024p123-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats