PENGGUNAAN KONJUNGSI SUBORDINATIF KAUSAL DAN TEMPORAL DALAM TEKS BERITA

Amalya Navyca Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penggunaan konjungsi subordinatif kausal dan temporal dalam wacana berita online bereputasi nasional. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa konjungsi kausal dan temporal yang digunakan dalam sebuah kalimat dalam wacana berita online bereputasi nasional. Sumber data penelitian ini adalah berita-berita online bereputasi nasional yang terdapat dalam media online kompas.com, detik.com, dan tribunnews.com edisi bulan November 2018 pada tanggal 1-30 yang sudah diunduh dan disimpan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan adanya konjungsi kausal berupa konjungsi penyebaban dan konjungsi pengakibatan, serta konjungsi temporal dalam wacana berita online bereputasi nasional yang terdapat dalam kompas.com, detik.com, dan tribunnews.com edisi November 2018 tanggal 1-30 yang telah diunduh dan disimpan.

Kata Kunci: konjungsi subordinatif, penyebaban, pengakibatan, temporal, wacana berita

The purpose of this study is to explain the use of causal and temporal subordinate conjunctions in a nationally reputable online news discourse. This study uses a qualitative approach. This study data is in the form of causal and temporal conjunctions used in a sentence in a nationally reputable online news discourse. The source of this study data is national reputable online news contained in the online media kompas.com, detik.com, and tribunnews.com of the November 2018 edition that has been downloaded and saved. Data collection is done by documentation techniques. The results of this study indicate that there were found causal conjunctions in the form of causal conjunctions and impact conjunctions, as well as temporal conjunctions in nationally reputable online news discourses contained in the November 2018 edition issue of kompas.com, detik.com, and tribunnews.com that has been downloaded and saved.

Keyword: subordinative conjunction, cause, effect, temporal, news discourse


Full Text:

PDF

References


Agustianto, N. (2018). Konjungsi Temporal dan Konjungsi Kausal dalam Karangan Autobiografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Alwi, H. (2003). Tata Bahasa Baku Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Badara, A. (2012). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana (Prenada Media Group).

Bimantara, D. G. (2017). Jenis dan Fungsi Piranti Konjungsi dalam Novel. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darma, Y.A. (2014). Analisis Wacana Kritis dalam Multiperspektif. Bandung: PT Refika Aditama.

Fudtriani, I. (2017). Konjungsi dalam Teks Berita Karya Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hansen, C.F & Ramm, W. (2011). ‘Subordination’ versus ‘Coordination’ in Sentence and Text. John Benjamins Publishing Company, 5 (2). (Online), (https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=hzklhUN78KUC&oi= QAd1f&sig=9s7vWDaKAzYgCQhu3JfHcUID7dU), diakses 20 Februari 2019.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muslich, M. (2014). Garis-garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi. (2013). Dasar-dasar Ilmu Sintaksis Bahasa Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syahri, M. (2011). Seluk Beluk Berita dan Feature. Malang: Pustaka Kaiswaran.

Syarif, H. (2016). Bentuk, Jenis, dan Fungsi Konjungsi dalam Tajuk Rencana Surat Kabar Kompas Edisi Bulan Agustus 2015. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tarmini, W. (2014). Konjungsi Pada Teks Anekdot dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1 (1). (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/7476), diakses 14 Maret 2018.

Widiatmoko, W. (2015). Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana Berita Rubrik Nasional di Majalah Online Detik. Jurnal Sastra Indonesia, 4 (1). (Online), (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/7359), diakses 14 Maret 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i22019p136-148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License