ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TERKAIT VIRUS CORONA DALAM SURAT EDARAN PERGURUAN TINGGI SE-EKS KERESIDENAN SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa terkait pengumuman tentang virus corona dalam surat edaran perguruan tinggi se-eks Keresidenan Surakarta. Data diperoleh dari 23 perguruan tinggi se-eks Keresidenan Surakarta pada penulisan surat edaran dengan teknik menyimak, mencatat, dan dokumentasi yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 4 macam bentuk bidang kesalahan berbahasa. Keempat bidang tersebut dapat diklasifikasikan menjadi 11 klasifikasi kesalahan ejaan, 7 klasifikasi kesalahan fonologi, 2 klasifikasi kesalahan morfologi, dan 3 kesalahan bidang diksi.
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. F., & Suyanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Surat Undangan Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 12(2), 34. https://doi.org/10.14710/nusa.12.2.34-41
Faisah, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Surat-Menyurat Di Kantor Kelurahan Layanan Indah. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(3), 1–8.
Herawati, L., & Mulyaningsih, I. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Surat Resmi di Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 114. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.5239
Johan, G. M. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(April), 136–149. https://doi.org/10.17509/bs
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nisa, K. dan I. S. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Terjemahan Mahasiswa. BASINDO, 1(1), 1–13.
Purwandari, H. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Surat Dinas Kantor Kepala Desa Jladri. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(3), 54218.
Rofii, A. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Surat Resmi Pada Bidang Sintaksis Siswa Kelas Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Dikdaya, 5(1), 1–14.
Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yana Pustaka.
Slamet. (2014). Problematika Berbahasa Indonesia dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiono. (2015). Metode Penelitrian dan Pendidikan: Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulkifli, O. (2013). Belajar Bahasa Secara Holistik : Apakah Pandangan Murid? Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 102–117. https://doi.org/10.17509/bs
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v5i22021p158-172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License