POLA PENGEMBANGAN ISI DAN POLA PENGUNGKAPAN IMAJI DALAM TEKS PUISI KARYA SISWA KELAS VIII SMP

Anis Khoirun Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola
pengembangan isi dan mendeskripsikan pola pengungkapan
imaji dalam teks puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 21
Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa teks
puisi karya siswa SMP. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah tes menulis teks puisi. Instrumen penelitian
menggunakan perintah menulis puisi berupa petunjuk menulis
teks puisi. Instrumen identifikasi data berupa panduan
identifikasi data pola pengembangan isi dan pola pengungkapan
imaji dalam teks puisi karya siswa. Teknik analisis data yang
dilakukan adalah menyeleksi teks puisi, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat tiga pola pengembangan isi dan tiga pola pengungkapan
imaji. Pertama, dalam teks puisi karya siswa, ditemukan tiga pola
pengembangan isi, yaitu deskriptif-ekspresif, deskriptif- sugestif,
dan ekspresif-sugestif. Kedua, dalam teks puisi karya siswa,
ditemukan tiga pola pengungkapan imaji, yaitu imaji visual, imaji
auditif, dan imaji taktil.
Kata Kunci: menulis, teks puisi, pola pengembangan isi, pola pengungkapan imaji

This research aims to describe content development pattern
and describe imagery disclosure pattern on poetry text written by
VIIIth Grade student of Public Junior High School 21 Malang. This
research used descriptive qualitative method with qualitative type
research. This research data are poetry texts written by VIIIth
Grade student of Public Junior High School. Data aggregation
technique done by arrange a writing poetry text test. Research instrument used writing poetry instruction in the form of writing
poetry text guideline. Data identification instrument is in the form
of content development pattern and imagery disclosure pattern in
poetry texts written by students. Data analyzing technique that
used on this research are three, the first one is selecting data
which is poetry text based on worthiness criteria, the second one
is data presentation in the form of content development pattern
and imagery disclosure pattern shown in poetry text written by
student, the last one is conclusion composing in the form of
content development pattern and imagery disclosure pattern.
Based on the research that has done, the researcher found two
conclusions. Firstly, on poetry text produced by the students,
found three content development pattern, which are descriptiveexpressive, descriptive-suggestive, and expressive-suggestive.
Secondly, on poetry text written by the student, researcher found
three imagery disclosure pattern, which are visual imagery,
auditive imagery, and tactile imagery.
Keyword: writing, poetry text, content development pattern, imagery disclosure pattern

Full Text:

PDF

References


Abdillah, K. (2015). Representasi Latar Sosial dalam Citraan dan Majas Puisi Siswa

Kelas VIII SMPN 2 Malang: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi tidak diterbitkan.

Malang: FS UM.

Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Hidayat, N. (2017). Kualitas Teks Puisi Karya Siswa Kelas VIII MTs YaspuriMalang.

Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Jabrohim, dkk. (2003). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah

MadaUniversity Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 lampiran 2

tentang Kompetensi Dasar Menyajikan Teks Puisi Siswa Kelas VIII

SMP/MTs. (online)

(https://www.scribd.com/document/356113508/Lampiran-2-KI-dan-KDK-13-SMP-MTs-B-Indonesia-pdf) . Diakses 26 November 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang

kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP atau MTs. Simpuh.Kemenag (Online)

(http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_68_13_lampiran.pd

f). Diakses 26 November 2018.

Pradopo, R. D. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rohmah, Y. M. (2016). Representasi Keterlibatan Pancaindra dalam Penulisan Puisi

Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Kepanjen. Malang: FS UM.

Sayuti, S. A. (1985). Puisi dan Pengajarannya: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: IKIP

Semarang Press.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Waluyo, H. J. (2003). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i12020p17-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License