ASPEK BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM BUKU TEKS KARYA MAHASISWA

Arik Rohmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek berpikir kritis
dan kreatif dalam buku teks karya mahasiswa Program Studi S1
Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra
Universitas Negeri Malang angkatan 2015. Pendekatan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
kalimat, paragraf, teks, gambar, serta model evaluasi dalam buku
teks. Sumber data yang digunakan adalah buku teks karya
mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa, Sastra
Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
angkatan 2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah peneliti sebagai sebagai instrumen utama. Instrumen
pendukung dalam penelitian ini adalah panduan pengumpulan
data dan panduan analisis data. Prosedur pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Adapun tahap analisis data dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kata Kunci: berpikir kritis, berpikir kreatif, buku teks

The aim of this research to determine the aspects of critical and
creative thinking in textbooks by students of the S1 Study
Program Language Education, Indonesian and Regional
Literature, Faculty of Letters, State University of Malang, class of
2015. The approach in this study uses a qualitative approach. The
type of research used in this study is descriptive. The data used in
this study are sentences, paragraphs, texts, images, and evaluation models in textbooks. The data sources used are textbooks by
students of the S1 Language Education, Indonesian and Regional
Literature Study Program, Faculty of Letters, Malang State
University, Force of 2015. The instruments used in this study are
researchers as the main instruments. Supporting instruments in
this study are a table of guidelines for data collection and data
analysis tables. The procedure for collecting data in this study is
to use documentation techniques. Data analysis in this study used
a qualitative approach. The data analysis stage in this study is
data reduction, data presentation, and conclusion.
Key Word: critical thinking, creative thinking, text book

Full Text:

PDF

References


Casali, D. F. (2017). The Fourteen Elements of Creative Processes, (Online),

(https://intenseminimalism.com/2017/the-fourteen-elements-of-creativeprocesses/), diakses 1 Desember 2018.

Facione, P. (2016). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of

Educational Assessment and Instruction, (Online),

(https://www.researchgate.net/publication/242279575), diakses 1

Desember 2018.

Ghony, M. D & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Mahfudz, I & Tanuwijaya, S. (2002). Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia.

Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sudaryono, dkk.. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Jogjakarta:

Graha Ilmu.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktisnya. Jakarta:

PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF DOAJ EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License