KATEGORI DAN PERAN SEMANTIS VERBA DALAM TEKS BERITA PENDIDIKAN

Feby Indriani Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kategori dan
peran semantis dari argumen verba dalam naskah berita media
daring liputan6.com, cnnindonesia.com, dan sindonews.com.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data digunakan
teknik dokumentasi, yaitu dengan membaca keseluruhan sumber
data, dan mencatat data yang diperlukan. Analisis data dilakukan
dengan teknik ganti dan teknik sisip. Berdasarkan analisis data,
diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, kategori verba keadaan
yang bersubkategori verba keadaan posesi, verba keadaan
pengalaman, verba keadaan lokatif, dan verba keadaan yang
bukan posesi, pengalaman, dan lokatif. Kedua, verba aksi yang
bersubkategori verba aksi benefaktif, verba aksi pengalaman,
verba aksi lokatif, dan verba aksi yang bukan benefaktif,
pengalaman, dan lokatif. Ketiga yaitu verba proses yang
bersubkategori verba proses benefaktif, verba proses pengalaman,
dan verba proses yang bukan benefaktif, pengalaman, dan lokatif.
Peran semantis yang diperoleh yaitu pengalam, pengalam hasil,
pengalam stimulus, pengalam lokatif, agen, pemengaruh, agen
penerima, agen penderita, dan agen lokatif.
Kata kunci: kategori semantis, peran semantis, verba, berita pendidikan

This research aims to describe the categories and semantic roles of
verbs in the news text of online media liputan6.com,
cnnindonesia.com, and sindonews.com. The research was
conducted with a qualitative approach and descriptive research.
In collecting the data, used the documentation technique, which is
read the entire data source and record the data needed. The analysis is done with changing technique and insertion technique.
Based on data analysis, the following results are obtained. First,
the state verb, consists of possess, experience, locative and the
state verb which not include in that three categories. Second,
action verb, consists of benefactive, experience, locative, and the
action verb which not include in that three categories. Third,
process verb consists of benefactive, experiences, and process
verba which not include in that categories. The semantic roles
obtained in this research is experience, experience-product,
experience-stimulus, experience-locative, agent, influencer, agentreceiver, agent-patient, and agent-locative.
Keyword: semantic categories, semantic roles, verbs, education news

Full Text:

PDF

References


Alwi, D., Lapoliwa, dan Moeliono. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi

Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Ghony, D dan Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: ArRuzz Media

Kridalaksana, H. (2002). Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta:

Universitas Katolik Indonesia Atmajaya

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi. (2009). Kategori dan Peran Semantis Verba dalam Bahasa Indonesia. Jurnal

Ilmiah Bahasa dan Sastra. V (1). Dari

https://www.researchgate.net/publication

Parera, J.D. (2009). Dasar-dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga

Putrayasa, I. B. (2008). Analisis Kalimat (Fungsi, Kategori, dan Peran). Bandung: Refika

Aditama

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudarman, P. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumadi. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang

Tampubolon, D.P; Abubakar, dan Sitorus, M. (1979). Tipe-tipe Semantik Kata Kerja

Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan

Tarigan, H. G. (1989). Pengajaran Tata Bahasa Kasus. Jakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan

Van Valin, R. D. (1990). Semantic Roles and Grammatical Relations. Educational

Resources Information Center (ERIC). 156 – 163. Dari

https://www.academia.edu/24487996/Semantic_Roles_and_Grammatical_

Relations?auto=download. Diakses 11 Mei 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i12020p53-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License