PERSEPSI SISWA TERHADAP KETAHANUJIAN TOKOH DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE

Nanda Islamia Putri, Muakibatul Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai ketahanujian tokoh dan persepsi siswa terhadap ketahanujian tokoh dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian resepsi sastra. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai ketahanujian dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye meliputi aspek: a) kendali diri, b) asal-usul dan kepemilikan, c) jangkauan, dan d) daya tahan. (2) pada persepsi siswa pemahaman dan identifikasi perilaku ketahanujian kategori baik sedangkan proyeksi diri kategori kurang. 

Kata kunci: ketahanujian tokoh, persepsi siswa, novel


Full Text:

PDF

References


Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, Sebab, dan Penanganannya. Journal An-nafs: Kajian dan Penelitian Psikologi, (Online), 1 (1): 1-14, (https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.235) diakses 06 Mei 2020 .

Endraswara,S. (2006). Metodologi Penelitian Sastra: epistimologi, model, teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ombak.

Gunawan, I, Endrani, A dan Malina, R. (2019). Pengaruh Konseling Behavioristik terhadap Sikap Keuletan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan, (Online), 5 (1): 21-26, (jurnal.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1389/1112) diakses 11 Mei 2020.

Herawati, N.T. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Intermedia dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pengantar I. JINAH: Jurnal Ilmiah Akutansi dan Humanika, (Online), 3 (1): 1011-1030 (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJA/article/view/2162/1880) diakses 2 Desember 2013.

Hidayah, F. (2010). Hubungan Kemampuan Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang

Ingsih, K. (2011). Menerapkan Etos Kerja Profesioal dalam Meningkatkan Kinerja, Seminar Nasional Teknologi Informasi& Komunikasi Terapan (Semantik), (Online), 1 (1): 1-7, (http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/28/187) diakses 06 Mei 2020.

Juwana, I. D.P, Wiguna, D. G. E. (2019). Determinasi Konsep Diri dan Ketahanujian (Adversity Quotient) terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, (Online), 8 (1): 112-121, (https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/vie w/278) Diakses 12 Oktober 2019.

Lestari, E. (2014). Hubungan Orientasi Masa Depan Dengan Daya Juang Pada Siswa-Siswi Kelas XII Di Sma Negeri 13 Samarinda Utara. eJournal Psikolog, (Online), 2 (3) : 314-326, (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/01/e-JURNAL%20EVI%20(01-28-15-04-37-51).pdf) diakses 14 Juni 2020.

Oktaria, D. (2015). Refleksi Diri sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran di Fakultas Kedokteran.Prosiding Seminar Presentasi Artikel Ilmiah Dies Natalis FK Unila ke 13. Bandar Lampung, Oktober 2015, (Online), (http://fk.unila.ac.id/wp-content/uploads/2016/06/13.pdf), diakses 14 Juni 2020.

Permatasari, D. (2016). Tingkat Kerendahan Hati Siswa SMP.Jurnal Konseling Indonesia, (Online), 1 (2) 83-87, (ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/1620/1320) diakses 10 Mei 2020.

Pratiwi,N. Wiarta, I. Ardana, I. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient (Aq) Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Educaton Technology, (Online), 3 (2): 73-80, (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/ article/view/21707/13431) diaksesn2 Desember 2019.

Subandi. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologis. Jurnal Psikologi, (Online), 38 (2): 215-227, (https://repository.ugm.ac.id/id/eprint/97117) diakses 06 Mei 2020.

Stoltz,P.G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT. Grasindo.

Sumaryanto. (2011). Upaya Pengambilan Keputusan yang Tepat. Makalah disajikan dalam LKMM FIK UNY, Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Yogyakarta, 13 Januari 2011, (Online), (staffnew.uny.ac.id/upload/131873957/pengabdian/4-upaya-pengambilan-keputusan-yang-tepat.pdf) diakses 10 Mei 2020.

Trisnawati, D. (2013). Membangun Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMA Khadijah Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, (Online), 2 (1): 397-411, (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2658/1587) diakses 10 Mei 2020.

Wardiana, I.P.A, Wiarta, I.W, Zulaikha,S. (2014). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD di Kelurahan Pedungan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, (Online), 2 (1): 2 (https://scholar.google.co.id/citations?user=I3NFVVoAAAAJ&hl=id) diakses 12 Oktober 2019.

Yuninda,H. (2011). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Adversity Quotient dengan Prestasi Akademik Siswa SMAN 1 Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v5i22021p229-238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License